Fungsi Face Oil dan Cara Penggunaannya

Bagi kebanyakan orang menggunakan face oil terbaik seharusnya cukup mudah. Langkah pertama, oleskan pada wajah Anda. Langkah kedua, lanjutkan hari Anda. Tetapi kenyataannya tidak sesederhana itu. Apakah Anda tahu apa face oil itu sebenarnya? Apa fungsinya? Serta cara menggunakannya? Dilansir dari glamour.com, berikut ini semua penjelasannya. 

Apa itu face oil?

Ini terdengar seperti pertanyaan yang konyol — minyak adalah minyak, bukan? Tetapi minyak juga bersifat emolien, yang berarti bahwa tidak seperti krim atau salep, yang meresap jauh ke dalam kulit untuk hidrasi intensif dan tahan lama, minyak cenderung menempel di dekat permukaan. Pada dasarnya, daya pelembabnya tidak sekuat itu. Tetapi meski Anda tidak mendapatkan banyak kelembaban, itu tidak berarti mereka benar-benar tidak berguna.

Face oil dianggap sebagai jenis emolien, yang berarti membantu memperkuat lapisan luar kulit Anda – stratum korneum – dengan melembutkan dan mengeyalkan, mencegah kehilangan air. Menurut dokter kulit asal Amerika, Paul Jarrod Frank, MD, minyak menambah perlindungan penghalang kulit, kelembutan, dan hidrasi superfisial. Minyak sebenarnya merupakan bagian integral dari kulit yang sehat, karena bertindak sebagai sealant yang menjaga kelembaban masuk Tanpa minyak, kelembaban hanya akan keluar sampai Anda mengoleskan krim lagi. Meskipun hal ini tidak selalu akan merusak kulit Anda, ini jelas tidak ideal — dan ini menjadi masalah yang lebih besar dalam cuaca musim dingin yang kering.

Baca juga  Ledakan Besar Terjadi di Lebanon, 78 Orang Meninggal Dunia
Image: unsplash

Apa fungsi face oil?

Minyak memberi kulit Anda kelembutan dan kehalusan instan yang bisa membuat merasa nyaman. Tapi lebih dari itu, minyak sering kali dikemas dengan nutrisi esensial, asam lemak, dan antioksidan. Plus, minyak membentuk lapisan pelindung untuk sel-sel kulit Anda. Meskipun bukan solusi terbaik untuk masalah kulit, produk ini melakukan bagian yang adil dengan memperbaiki dan melindungi pelindung kulit Anda, yang membantu kulit Anda menyerap produk perawatan kulit lainnya. Jika Anda tidak melihat kulit seperti apa yang Anda bayangkan hanya dari serum dan pelembab, minyak mungkin bisa menjadi solusi.

Baca juga  3 Tampilan Wardah Make Up Look Edisi Ramadan Virtual

Bagaimana menggunakan face oil?

Anda selalu dapat mencampurkan minyak dengan pelembab Anda, tetapi jika Anda ingin memberi mereka tempat terbaik dalam rutinitas perawatan kulit Anda, ada cara untuk melakukannya, tergantung pada jenis face oil Anda.

“Beberapa face oil dirancang dengan bahan-bahan yang melembabkan, yang lain untuk mencerahkan atau bahkan memperkuat kulit Anda,” kata Joshua Zeichner, M.D., direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.

Zeichner merekomendasikan pengaplikasian sebelum Anda melembabkan tetapi setelah penggunaan serum Anda. Cara lain menggunakan face oil adalah sebagai langkah terakhir dalam rutinitas Anda di malam hari atau yang kedua terakhir sebelum tabir surya di pagi hari. Dengan begitu, face oil bertindak sebagai penghalang untuk menjaga semua bahan aktif dalam produk perawatan kulit Anda terkunci di kulit Anda.

(AR)

Translate »