Cara Mengatasi Quarter Life Crisis

Pada dasarnya semua orang akan mengalami kebingungan dan kesulitan dalam hidupnya. Namun, ketika ditampilkan di sosial media hanyalah kebahagian yang mereka rasakan.

Hal inilah yang kemudian membuat kita merasa bahwa hanya kitalah orang yang merasa tidak berhasil atas  semua yang telah diperjuangkan dan berujung membandingkan diri dengan hidup orang lain. Kejadian yang kita rasakan ini sering disebut dengan Quarter Life Crisis.

Menurut Ahli Psikolog mengenai Quarter Life Crisis, dimana Anda merasa terjebak oleh pilihan hidup seperti pekerjaan, hubungan atau bahkan keduanya dan bertujuan keluar hingga mengakhiri hubungan hingga akhirnya Anda memasuki waktu menyendiri.

Umumnya hal ini terjadi ketika Anda baru memulai karir sejak usia 20 hingga 30an.

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Apakah Anda merasa bahwa sedang berada di fase tersebut? Coba kenali tanda-tanda berikut yang dikutip dari laman forbes.com serta cara mengatasi keadaan Quareter Life Crisis. 

  1. Anda merasa Apatis

Anda merasa cuek atau tidak bersemangat tentang segala hal yang dilakukan secara terus-menerus. Seperti pergi ke kantor jam 7 pagi dan pulang pukul 5 sore. Jika Anda sudah merasa apatis, mulai sekarang berhenti dan coba berani mengambil tindakan untuk membentuk hidup seperti yang Anda inginkan. Fokuslah dengan apa yang sedang Anda kerjakan. Karena tindakan hari ini akan menentukan bagaimana Anda kedepannya. 

  1. sering bertanya-tanya untuk langkah selanjutnya 
Baca juga  Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan

Jika Andamerasa tidak enjoy dengan apa yang Anda kerjakan sekarang dan selalu mepertanyakan pada diri Anda “Apakah ini sebenarnya tujuan akhir Saya?” sekarang saatnya untuk mengubah perilaku Anda dan lakukan riset. Diskusikan bersama teman, anggota keluarga, mentor tepercaya, atau orang-orang profesional tentang jenjang karir yang Anda inginkan. Agar melalui nasihatnya, Anda semakin banyak Anda belajar dan memiliki kecenderungan dalam bertindak. 

  1. Merasa Kehilangan Tujuan

Salah satu tanda Anda mengalami Quarter Life Crisis, saat Anda merasa tidak ada tujuan dalam hidup atau ada tujuan yang lebih besar dari apa yang ditawarkan dalam kehidupan sehari-hari. Anda terlalu merasa nyaman dengan semua yang dikerjakan hingga lupa tujuan sebenarnya.

  1. Rencana Anda Tidak Berfungsi Lagi
Baca juga  Simak Fakta Masker AIRism Uniqlo yang Sudah Rilis

Tanda yang menunjukkan bahwa Anda mengalami krisis paruh baya adalah rencana Anda tidak berfungsi lagi. Segala sesuatu yang telah Anda tetapkan untuk diri Anda sendiri, pekerjaan Anda, rutinitas normal Anda, sekarang terasa stagnan, bahkan menyesakkan. Meskipun ini bukanlah hal yang mudah untuk berhenti dari semua yang telah Anda bangun dan rencanakan sejak dulu, Namun Anda perlu menulis ulang rencana Anda kedepan berdasarkan dengan ilmu dan pengalaman yang telah Anda dapatkan selama ini.  Izinkan diri Anda untuk mengubah jalur dan mulai penasaran tentang apa yang terbaik bagi Anda pada tahap kehidupan ini.

  1. Anda merasa Cemburu Pada kebahagiaan Orang Lain

Salah satu tanda yang sering kita rasakan ialah, Anda terlalu menghabiskan lebih banyak waktu untuk menganalisis kebahagiaan dan kesuksesan orang lain daripada memikirkan masa depan Anda. Ingatlah bahwa hidup bukanlah sebuah kompetisi dan semua orang memulai dengan waktu yang berbeda-beda. Mulai sekarang, saatnya berhenti memikirkan masa depan orang lain dan mulai merencanakan masa depan Anda. 

 

(TS)

Translate »