Cara Membuat Sabun yang Berbahan Dasar ASI dan Manfaatnya untuk Anda

Para ibu yang bekerja diluar sering kali menyimpan stok Air Susu Ibu (ASI) pada lemari pendingin untuk memenuhi kebutuhan bayi mereka.

 Jika terlalu lama disimpan, akibatnya Air Susu Ibu (ASI)  tidak dapat diminum lagi untuk Anak.

Agar Air Susu Ibu (ASI) yang disimpan dalam kulkas  tidak terbuang secara mubazir, Anda dapat mengolahnya menjadi sabun yang berbahan dasar ASI.

Mengutip dari laman pregnan.sg, manfaat dari sabun ASI ini dapat mencegah kulit kering, asi mengandung lebih banyak vitamin A, C dan E yang baik untuk kesehatan kulit. Tidak hanya itu, menggunakan ASI sendiri dalam sabun berarti mengandung unsur nutrisi penting yang lebih banyak tersedia secara hayati. Sehingga membuat kulit wanita lebih halus dan lebih sehat. Sabun ASI juga dapat digunakan untuk wajah, yang termasuk area sensitif.

Baca juga  5 Tips untuk Membantu Bayi Anda Tidur Sepanjang Malam
image: pexels

Jika Scarf Lover mulai tertarik untuk membuat sabun yang berbahan dasar ASI Anda sendiri. Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut.

Bahan-bahan dan takarannya

  1. 2 bagian Sabun bening 
  2. 1 bagian ASI sendiri
  3. Minyak esensial (jika Anda menyukainya)

Cara pembuatannya

  1. Mencairkan sabun bening diatas mangkuk yang direndam air panas, seperti Anda mencairkan cokelat.
  2. Jika sudah dicairkan, dinginkan di suhu ruangan sambil terus diaduk.
  3. kemudian, tambahkan ASIP beku yang sudah terlalu lama disimpan dan tidak dapat diminum lagi. Dengan takaran 1 bagian ASI dan 2 bagian sabun. Tapi Anda juga bisa menggunakan takaran 50/50.
  4. Langkah terakhir, tuang adonan susu ASI ke cetakan dan letakkan dalam freezer hingga mengeras. Anda dapat menambahkan minyak esensial jika Anda menyukainya. 
Baca juga  Tradisi Henna Tattoo Saat Lebaran

Perlu Anda ketahui, sabun ASI sama seperti sabun pada umumnya. Hanya saja sabun ASI ini lebih lembut. Jika Scarf Lover tertarik untuk membuatnya, pastikan tangan dan bahan-bahan sudah tercuci bersih agar tidak ada bakteri yang tercampur di dalamnya. Selamat Mencobanya, Scarf Lover ! Semoga bermanfaat. 

(TS)

Translate »