Aksesoris Penting yang Harus Dimiliki Sepeda

Sama seperti motor, sepeda juga memiliki syarat standar keselamatan ketika bersepeda ya, Scarf Lover! Ada baiknya mulai sekarang Anda bisa memodifikasi sepeda tersebut. Terlebih lagi jika Anda aktif mengendarai sepeda dalam kehidupan sehari-hari, seperti berangkat kerja atau sekolah.

Aksesoris sepeda ini penting sekali ketika Anda mengendarai di jalan raya. Jadi buat Anda kini sudah saatnya memperhatikan sepeda yang Anda miliki, mengingat Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No. Permenhub 59 Tahun 2020 Tentang Keselamatan Pesepeda di Jalan. Berikut aksesoris tambahan sepeda, di antaranya:

1. Alat pemantul cahaya berwarna merah

Anda bisa memasangkan reflektor di depan dan belakang sepeda di bawah jok sepeda. Jangan dipasang terlalu tinggi yang berpengaruh sebab bisa tertutup oleh pakaian 

Baca juga  Makeup Tutorial untuk Wisuda Online? Yuk Lihat Tips dari Kiara Leswara

2. Spakbor

Spakbor ini berfungsi melindungi pesepeda dari cipratan air yang menggenang. 

3. Alat pemantul cahaya roda berwarna kuning atau putih

Meskipun tak memiliki intensitas sinar kuat seperti lampu, tetapi refletor tidak menyilaukan.

Photo by Maarten van den Heuvel from Pexels

4. Sistem rem 

Fungsi rem menjadi prioritas pada sepeda. Rem yang terlalu pakem atau tidak ada rem bisa membahayakan Anda. Untuk itu, pastikan rem yang dipasang sesuai standar dan bisa berguna baik.

5. Bel

Bel sebagai alarm berbunyi untuk memberi sinyal bahwa ada sepeda yang hendak lewat dan untuk berhati-hati. Bel penting ketika Anda berada di belakang pengendara lainnya atau di belokkan jalan.

Photo by Burst from Pexels

6. Lampu

Di malam hari, penerangan sangat penting. Tentunya memilih lampu dengan intensitas cahaya yang cukup pada jalan raya agar tidak silau. Lampu pada sepeda dinyalakan pada malama hari saja karena biasanya sepeda tanpa lampu sangat sukar terlihat dan berbahaya bagi keselamatan.

Baca juga  Intip Resep Milkshake Oreo ala Rumahan dengan 4 Bahan, Yuk !

7. Pedal

Pilihlah pedal yang membuat Anda nyaman ketika bersepeda sehingga Anda tidak mudah Lelah ketika mengayuh sepeda. 

Itu dia Scarf Lover aksesoris penting sepeda. Sebenarnya Anda bisa juga menambahkan spion untuk memperhatikan kendaraan di belakang Anda.  Jadi segera pasang ya demi menjaga keselamatan agar terhindar dari hal yang tidak dinginkan. Lebih baik mengantisipasi sehingga Anda bisa meminimalisirkan dampak buruk dan nyaman ketika bersepeda. Jangan lupa pakai helm ketika bersepeda. Selamat gowes, Scarf Lover!

(BR)

Translate »