6 Cara Menumbuhkan Tanaman di Ruangan

Menanam tanaman di ruangan sangat cocok jika Anda tidak memiliki ruang taman di luar rumah. Tidak semua tanaman hias membutuhkan jenis perawatan yang sama, tetapi aturan dasar ini memberikan pengetahuan umum yang diperlukan untuk berkebun di dalam ruangan. Dilansir dari MasterClass, berikut ini cara menumbuhkan tanaman di ruangan.

1. Belajar mengenali kapan tanaman hias membutuhkan air

Secara umum, Anda harus lebih memperhatikan penyiraman yang baik atau cukup daripada penyiraman yang berlebihan. Kebanyakan tanaman hias lebih baik dibiarkan sedikit kering daripada basah kuyup. Tujuannya adalah memberi tanaman Anda cukup air untuk menjaga tanah tetap lembab tetapi tidak basah. Tuang air secara perlahan ke dalam tanah pot hingga menetes keluar dari lubang drainase di dasar pot. Kebanyakan tanaman hanya perlu disiram sekali atau dua kali seminggu, dan lebih sedikit selama bulan-bulan musim dingin. Cara mudah untuk memeriksa apakah tanaman Anda perlu minum adalah dengan memasukkan jari Anda sedalam dua inci ke dalam tanah. Jika terasa kering, kemungkinan besar sudah waktunya untuk menyiram.

2. Waspadai suhu, kelembapan, dan ventilasi 

Kebanyakan tanaman hias tumbuh subur pada suhu antara 65 dan 75 ° F pada siang hari dan sekitar 10 derajat lebih dingin pada malam hari. Secara umum, tanaman hias membutuhkan tingkat kelembaban yang sama dengan kondisi alaminya. Tumbuhan udara (dari genus Tillandsia) mengambil semua air mereka dari udara dan dengan demikian membutuhkan air secara teratur dengan botol semprot. Untuk tanaman hias lainnya, kondensasi yang tertinggal di daun terlalu lama bisa berbahaya, itulah sebabnya aliran udara yang tepat sangat penting untuk tanaman yang sehat. Menempatkan kipas angin di dekat tanaman hias Anda untuk mengalirkan udara dapat menguapkan kelembaban berlebih dan mencegah penumpukan debu pada daun.

Baca juga  Memunculkan Keindahan Alam Indonesia Dalam Suatu Busana
Image: unsplash

3. Pastikan tanaman hias mendapatkan jumlah cahaya yang tepat 

Semua tanaman membutuhkan energi cahaya untuk fotosintesis, tetapi tanaman hias yang berbeda membutuhkan jumlah cahaya yang berbeda. Dengan pengecualian kaktus gurun dan succulents, kebanyakan tanaman hias membutuhkan cahaya tidak langsung daripada cahaya langsung. Tanaman hias yang tumbuh subur dalam cahaya tidak langsung akan tumbuh baik di dekat jendela yang menghadap ke barat, sedangkan untuk tanaman yang membutuhkan cahaya terang tetapi tidak terkena sinar matahari langsung itu menghadap ke selatan. Tanaman yang bertahan hidup dalam kondisi teduh, cahaya redup, dan tumbuh subur di dalam ruangan termasuk tanaman pothos, philodendron; Tanaman ini bisa tumbuh di jendela yang menghadap ke utara dan timur.

4. Gunakan tanah pot yang tepat

Tanah pot berkualitas tinggi juga akan membantu akar tanaman tumbuh dengan memberikan keseimbangan nutrisi, aerasi, dan penyerapan air yang ideal. Campuran tanah pot biasanya termasuk lumut gambut, kulit kayu pinus parut, perlite, dan vermikulit. Apabila memungkinkan Anda harus memilih tanah pot khusus untuk tanaman rumah Anda. Misalnya, anggrek dan bromeliad membutuhkan tanah yang cepat kering, tetapi succulents tumbuh paling baik di tanah berpasir dan berpori.

Baca juga  Resep Es Kacang Merah Segar

5. Pilih pot yang sesuai dengan tanaman Anda 

Pada saat memilih pot, pastikan pula untuk mempertimbangkan material, ukuran, dan kemampuan drainasenya. Gunakan pot yang proporsional dengan ukuran tanaman Anda saat ini, diameter tidak lebih dari beberapa inci lebih lebar dari massa akar tanaman Anda. Setelah tanaman tumbuh besar, Anda dapat memindahkannya ke dalam pot yang lebih besar. Jika Anda menanam tanaman dalam pot yang lebih besar dari yang diperlukan, akarnya tidak akan mampu menyerap kelembaban dengan cukup cepat karena mengalir melalui tanah. Pastikan juga pot Anda memiliki lubang drainase di bagian bawah.

6. Gunakan pupuk untuk memasok hara 

Untuk mencapai pertumbuhan tanaman dalam ruangan yang sehat dan berkelanjutan, secara teratur Anda dapat mengisi kembali nutrisi di pot tanah. Secara umum, pupuklah tanaman hias Anda sebulan sekali saat mereka tumbuh atau berbunga. Selama bulan-bulan musim dingin ketika tanaman biasanya tetap dalam keadaan stagnan, Anda dapat mengurangi atau menjeda rejimen pemupukan Anda. Ini adalah aturan umum, dan tanaman tertentu mungkin memerlukan jadwal pupuk unik atau jenis pupuk khusus.

Itulah 6 Cara Menumbuhkan Tanaman di ruangan, semoga bermanfaat, ya, Scarf Lover.

Translate »