5 Tanda Anda Butuh Liburan dari Semua Pekerjaan Utama

Hari libur adalah hari yang paling ditunggu-tunggu oleh semua para pekerja untuk melepas penat agar kembali fokus dan bersemangat lagi saat bekerja nanti.

Melansir dari laman bustle.com, semua orang butuh sesekali berlibur. Kita harus “mendengar” pesan yang tubuh kita kirim ke otak. Kebutuhan untuk berlibur tidak memandang jenis pekerjaan. Stres dapat dialami oleh siapa saja, kapan saja, dan akan terus meningkat jika tidak ada media untuk melepaskan. 

image: pexels

Makadari itu, terkadang kita perlu untuk berlibur. Karena sejatinya liburan tidak memandang jarak. Pergi ke mall terdekat atau menonton film kesukaan Anda juga mampu membantu menyingkirkan stres dan penat akibat pekerjaan yang sehari-hari dilakukan.

Berikut 5 tanda Anda harus segera liburan demi menghasilkan kinerja kerja yang lebih baik lagi.

  1. Tidak memiliki motivasi

Setiap hari pekerjaan selalu ada namun, Anda merasa bosan dengan kegiatan yang sama setiap hari bahkan kesulitan mengumpulkan motivasi untuk menyelesaikan pekerjaan atau tanggungjawab Anda.  Inilah saatnya Anda membutuhkan liburan sejenak.

Baca juga  Isu Kesehatan Mental Menjadi Ancaman Masyarakat Indonesia.
image: pexels
  1. Anda mengalami sakit fisik

Ketika Anda merasa cemas atau kewalahan saat bekerja,hingga otak Anda merasa stress. Lama kelamaan, konsekuensi fisiologis yang tidak terlalu berbahaya dari reaksi kimia ini mengalami peningkatan denyut nadi, tekanan darah sehingga dapat menyebabkan gejala yang lebih parah. 

Seperti nyeri dada, sakit punggung, ketegangan mata, sakit kepala, masalah pencernaan, pusing, dan pingsan. Kelelahan yang disertai dengan beban kerja yang berat juga dapat melemahkan sistem kekebalan Anda dan membuat Anda lebih rentan terhadap virus flu, flu, dan infeksi.

  1. Anda kesulitan untuk tidur

Hormon stres yang sama juga dapat membuat Anda sulit bersantai sebelum tidur, tertidur, dan bahkan tertidur. Menurut The American Psychological Association melaporkan bahwa sepertiga milenial tidak mendapatkan tidur delapan jam yang direkomendasikan setiap malam karena mereka tidak punya waktu, sementara sepertiga lainnya tidak bisa tidur karena terlalu banyak pikiran.

image: pexels
  1. Anda membuat kesalahan di tempat kerja.
Baca juga  Perjalanan Ria Miranda Menjadi Designer Ternama Indonesia

Menurut Dr. David Ballard, dari American Psychological Association, menjelaskan”Ketika stres menjadi kronis, fokus sempit ini berlanjut untuk waktu yang lama dan akan mengalami kesulitan untuk memperhatikan hal-hal lain”. 

Hal ini dapat berpengaruh pada kinerja Anda di tempat kerja atau mungkin mulai merosot karena fokus yang menyempit ini. Tidak hanya itu, dari ketidakfokusan dapat membuat ingatan, keterampilan pemecahan masalah hingga pengambilan keputusan  Anda jadi sulit diatasi dengan baik.

  1. Pekerjaan telah menjadi hidup Anda.

Dalam sehari hanya ada 24 jam namun, Anda bekerja sepanjang hari hingga sampai dirumah memikirkan tentang pekerjaan lagi. Demi pekerjaan, Anda telah melepaskan hobi dan aktivitas favorit karena  telah mengalokasikan semua waktu yang dimiliki. Hal ini membuat Anda lelah untuk melakukan kegiatan lain. Tidak hanya itu, percakapan dengan teman dan keluarga cenderung seputar pekerjaan juga.

Apakah Scarf Lover memiliki tanda-tanda diatas? Jika iya, itu tandanya Anda butuh liburan sejenak. Happy weekend!

(TS)

Translate »