5 Makanan Populer di Palestina, Ada Baklava!

Kalau di Indonesia punya makanan hits seperti bakso, mie ayam, nasi padang, nasi uduk dan sebagainya. Palestina juga tak mau ketinggalan, Scarf Lover! Di sana juga terdapat berbagai macam populer yang enggak kalah enak dari cita rasa di Indonesia dan pastinya kaya akan rempah-rempah dan rasa. Jadi cocok juga kok dengan lidah Indonesia. Kira-kira apa saja ya? Yuk! luangkan waktu Anda sejenak, kita lihat rangkuman di bawah ini:

1. Maqluba 

Image: elwasfa.com

Maqluba atau Maqlooba merupakan nasi berbumbu khas Irak, Lebanon, Palestina, Yordania, dan Suriah. Maqluba terdiri dari daging, nasi, dan sayuran goreng seperti tomat, kembang kol, kentang, terong yang disajikan di dalam panci yang dibalik. Arti nama maqluba dalam bahasa Arab ialah terbalik atau up side down. Dari situlah asal usul namanya. 

Maqluba tidak jauh beda dengan nasi tumpeng dan biasa dihidangkan untuk jamuan malam bersama keluarga atau menerima tamu. Makanan ini bisa dinikmati bersama roti pita. Cara makannya juga sama dengan orang Indonesia yaitu menggunakan tangan. 

Baca juga  Pentingnya Aktivitas Fisik untuk Anak

2. Baklava 

Image: Wikimedia.org

Baklava semacam kudapan manis berasal dari kawasan Turki dan daerah dahulu kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Kudapan ini berisi kacang walnut atau pistache yang dicincang kasar. Kemudian diberi pemanis dari gula atau muda dan dibungkus adonan roti tipis. Baklava populer di daerah Timur Tengah bahkan terdapat bukti buku resep dari Tiongkok pada abad ke-14 yang ditemukan di Tiongkok. Nama baklava pada buku resep itu disebut güllach.

3. Halloumi

Image: www.thespruceeats.com

Halloumi berupa keju khas negara pulau Siprus, Timur Tengah yang berasal dari susu domba atau kambing, sapi dan diasamkan. Rennet tidak digunakan dalam pembuatan keju ini. Halloumi mempunyai tekstur berlapis dan rasa cenderung asin. Keju halloumi memiliki variasi warna mulai dari putih hingga kekuning-kuningan. Rasa asin pada keju halloumi terjadi akibat air garam yang dipakai sebagai bahan pengawet. Bahkan ada pula yang menambahkan daun mint sebagai bahan pengawet juga. Halloumi seringkali dijadikan bahan pelengkap untuk memasak ayam, telur, salad dan menu lainnya. 

Baca juga  Wae Rebo, Surga Tersembunyi di Timur Indonesia

4. Sup lentil

Image: Cookpad by Prima Mood

Sup lentil ialah sup vegetarian dan daging yang dibuat dengan lentil. Lentil ini sejenis tumbuhan penghasil kacang atau miju-miju. Sup lentil baik bagi tubuh karena mengandung serat dan protein tinggi. Sup tersebut terdiri dari lentil hijau, coklat, merah, kuning atau hitam, dengan atau tanpa kulit. Sup lentil juga menjadi makanan favorit anak-anak di Turki. 

5. Hummus

Image: Wikimedia.org

Hidangan khas Levant atau Negeri Syam kali ini ialah Hummus, yaitu bubur dengan selai gurih dari kacang Arab yang giling dan dicampurkan oleh tahini (wijen giling), minyak zaitun, sari perasan limau, garam dan bawang putih. Hummus menjadi makanan populer di seluruh Timur Tengah, termasuk Turki, dan Afrika Utara. Pada umumnya, hummus lebih enak dimakan bersama roti.

Wah, enak-enak ya makanan populer di Palestina. Kalau Anda tim kuliner yang mana nih, tetap Indonesia atau mencoba beralih ke menu khas Timur Tengah, Scarf Lover? 

(BR)

Translate »