5 Kebiasaan Boros yang harus Dihentikan Sekarang

310

Banyak yang tidak sadar kalau kegiatan sehari-hari membuat keuangan melampaui batas alias boros. Tentu bukan hal yang mudah untuk mendisiplinkan diri dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan agar menjaganya tetap stabil. Makadari itu, penghematan adalah jalan keluar dari pemborosan.  

Untuk membantu Anda dalam memulai strategi penghematan dan menghidari pemborosan, Anda harus mempertimbangkan kembali hal-hal berikut ini:

1. Membeli barang yang berkualitas

image: pexels

Anda mungkin sering membeli sesuatu karena harga yang murah dan penampilannya terlihat lucu. Namun, sebenarnya barang tersebut tidak terlalu Anda butuhkan. Hal tersebut tanpa sadar yang membuat Anda boros. Cobalah mulai sekarang  membeli barang jangan karena diskon atau terlihat lucu. Belilah barang yang benar-benar Anda butuhkan dan kuliatas yang baik. Tidak apa-apa jika terasa lebih mahal untuk kualiatas yang baik dan seumur hidup. Daripada membeli dengan kualitas yang kurang oke dan membuat Anda membelinya berkali-kali. 

2. Mencatat keuangan

image: pexels

Mencatat keuangan memang suatu hal yang terlihat sepele untuk tidak dilakukan. Namun, hal ini tanpa sadar akan berdampak pada keuangan Anda. Karena, Anda tidak dapat memantau berapa pengeluaran yang keluarkan dan dibagian mana keuangan itu bengkak alias keluar batas seharusnya. Hal tersbut yang tanpa kita sadar dapat membuat kita boros. 

 3. Sering Makan diluar

image: pexels

Terlalu lama bekerja dirumah tentu membuat Anda merasa bosan sehingga membutuhkan suasana baru. Hal ini yang sering membuat Anda memiliki keinginan untuk bekerja di luar seperti cafe favorit. Tanpa disadari, keluar rumah untuk mencari suasana baru dalam bekerja dirumah akan membuat Anda boros. Karena mau tidak mau Anda harus membeli makan dan minum untuk menemani pekerjaan Anda. Jika dilakukan 1 (satu) atau 2 (dua) kali adalah hal yang wajar untuk memberikan hadiah kepada diri masing-masing. Namun, jika dilakukan terlalu sering akan membuat keuangan Anda tidak beres alias boros. Tidak hanya itu, terlalu makan-makanan luar juga kurang baik untuk kesehatan nantinya. Cobalah untuk membuat atau men desain ulang suasana kamar Anda senyaman mungkin. Agar Anda tidak terlalu sering keluar rumah dan makan diluar.

4. Berlangganan aplikasi yang jarang di gunakan

image: pexels

Salah satu yang sering terjadi adalah berlangganan suatu aplikasi yang sebanarnya, aplikasi tersebut jarang atau bahkan tidak Anda gunakan dengan baik. Coba pilih aplikasi yang paling Anda sukai atau memiliki manfaat yang banyak. Seperti berlangganan aplikasi pendidikan, musik, dll. Dengan begitu uang Anda akan lebih hemat.

5. Merokok

Bagi sebagian orang, merokok adalah kebutuhan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan kembali antara kebutuhan dan kepentingan. Tentu hal tersebut sangat penting. Karena akan berpengaruh pada keuangan pengeluaran Anda. Memang jika sudah kecanduan rokok sulit untuk dihilangkan. Namun perlu diingat, merokok juga dapat mengganggu kesehatan Anda nantinya.

 

(TS)