4 Pertanyaan Tentang Uang yang Perlu Ditanyakan Sebelum Menikah

Jika Anda sedang menjalin hubungan ke jenjang yang lebih serius – menikah, tentunya ada hal-hal penting yang harus dibicarakan sebelum memutuskan hidup bersama. Inilah mengapa diskusi tentang keuangan juga harus menjadi bagian dari rencana Anda dengan pasangan.

Uang mungkin bukan topik percakapan paling romantis bagi pasangan yang sedang berbahagia menuju hari yang baik, tetapi cara pendekatan seperti itu bisa menjadi prediktor kuat dari kesuksesan jangka panjang sebuah pernikahan.

Beberapa penelitian sebenarnya menemukan bahwa uang adalah penyebab utama stres dalam hubungan. Tetapi keuangan tidak harus menyebabkan gesekan bagi Anda dan calon pasangan Anda. Sebuah survei yang dilakukan oleh Majalah MONEY (yang dilansir dari discover.com) menemukan bahwa individu yang mempercayai pasangannya dengan keuangan yang dilaporkan akan merasa lebih aman dan memiliki lebih sedikit argumen.

Mempelajari cara berbicara tentang uang sebelum menikah dapat menjadi kunci untuk mengembangkan kepercayaan finansial dalam hubungan Anda sendiri.

Berikut ini beberapa hal yang perlu ditanyakan sebelum menikah.

  1. Pemahaman tentang hutang, aset, dan pengeluaran

Salah satu cara yang berguna untuk membicarakan uang sebelum menikah adalah dengan duduk bersama pasangan dan mencatat semua hutang dan aset yang masing-masing Anda bawa ke dalam komitmen jangka panjang Anda.

Ini mencakup semuanya, mulai dari tentang hutang, gaji, hingga tabungan dan rekening pensiun. Menempatkan semua detail ke dalam spreadsheet atau aplikasi yang membantu Anda mengelola uang dapat memungkinkan Anda melihat gambaran finansial lengkap Anda.

Baca juga  Beginilah Cara Ampuh Menyapih Anak

Meskipun menggunakan latihan ini sebagai cara untuk membicarakan uang sebelum menikah mungkin terasa seperti pekerjaan yang berat, ini akan berguna ketika tiba waktunya untuk membuat keputusan keuangan, seperti memutuskan berapa persen dari pendapatan bersama Anda yang harus digunakan untuk membangun dana darurat, menabung untuk masa pensiun dan membayar hutang.

Image: unsplash
  1. Apakah akan memiliki rekening bank bersama atau terpisah

Cara lain untuk membicarakan uang sebelum menikah adalah dengan mempertimbangkan apakah Anda ingin menggabungkan rekening bank bersama pasangan Anda atau tidak, memisahkannya atau melakukan kombinasi keduanya. Keputusan tergantung pada preferensi masing-masing orang dan kebutuhan pasangan. Memiliki rekening bersama diketahui dapat memberikan jendela yang jelas ke dalam situasi keuangan lengkap keluarga sehingga pasangan dapat membuat keputusan keuangan yang sesuai. “

  1. Bagaimana dinamika keuangan ketika bergeser dari waktu ke waktu

Situasi keuangan Anda hari ini mungkin berbeda secara signifikan dari situasi keuangan Anda besok. Meskipun tidak mungkin untuk memprediksi dengan tepat seperti apa masa depan keuangan dan gaya hidup Anda, ada cara untuk membicarakan uang sebelum menikah untuk meletakkan dasar bagi keputusan yang pada akhirnya mungkin Anda hadapi. Jika Anda berencana untuk memiliki anak, misalnya, Anda mungkin ingin membahas bagaimana prioritas karier dan keuangan dapat berubah. Akankah kedua pasangan mempertahankan pengaturan kerja mereka? Akankah seseorang mengambil lebih banyak pekerjaan atau mengurangi?

Baca juga  Server Down, Youtube Jadi Trending Topic di Twitter

Pertanyaan uang lain untuk diajukan sebelum menikah yang dapat memengaruhi rencana keuangan jangka panjang Anda meliputi:

  • Apakah Anda akan menabung untuk pendidikan perguruan tinggi anak-anak Anda?
  • Apakah Anda berencana untuk merawat orang tua yang lanjut usia?
  • Bagaimana Anda akan menanggapi anggota keluarga yang meminta dukungan finansial?
  • Tindakan apa yang ingin Anda lakukan untuk kecacatan dan asuransi jiwa?

Meskipun jawaban untuk jenis pertanyaan ini bersifat pribadi dan akan bervariasi dari pasangan ke pasangan, yang paling penting adalah memastikan pasangan menjawabnya sejak dini sehingga ada pemahaman yang jelas tentang bagaimana menangani setiap situasi saat itu muncul.

  1. Kapan waktu untuk membicarakan keuangan secara teratur

Meskipun menentukan cara membicarakan uang sebelum menikah adalah tonggak penting, komunikasi yang berkelanjutan diperlukan.

Pilih frekuensi rapat yang sesuai untuk Anda dan tetap berkomitmen pada jadwal Anda. Ini memberi sinyal kepada pasangan Anda bahwa keuangan Anda penting dan bahwa Anda bersedia menyisihkan waktu untuk membicarakan tujuan bersama.

Ketika tiba waktunya untuk bertemu, pikirkan semua masalah keuangan yang mungkin muncul sejak percakapan terakhir Anda, serta tujuan atau faktor keuangan apa pun yang dapat berdampak pada perencanaan keuangan untuk keluarga muda. 

Itulah 4 Pertanyaan Tentang Uang yang Perlu Ditanyakan Sebelum Menikah. Semoga membantu, Scarf Lover.

(AR)

Translate »