4 Destinasi Prioritas di Kepulauan Seribu

228

Kepulauan Seribu termasuk dalam 10 Destinasi Prioritas Menurut Amanat Presiden melalui Surat Sekertariat Kabinet Nomor B 652/Seskab/Maritim/2015. Kepulauan Seribu terletak di Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, Indonesia. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta. Sebelum menjadi kabupaten, wilayah Kepulauan Seribu merupakan salah satu kecamatan di Kota Administrasi Jakarta Utara. 

Eloknya pemandangan di Kepulauan Seribu membuat warga Jakarta bangga karena masih memiliki pantai indah nan permai dan bahkan masuk dalam destinasi wisata. Kepulauan Seribu memiliki beberapa pulau destinasi prioritas yang mungkin sudah sering Anda dengar, yaitu:

1. Pulau Tidung 

Image: traveloka.com_tidung island

Pulau Tidung terbagi menjadi dua yaitu, Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Pulau ini kemudian berkembang menjadi sektor pariwisata bahari seperti menyelam dan penelitian terhadap terumbu karang.

2. Pulau Pramuka

Image:  www.triptrus.com-pramuka island

Pulau Pramuka terdapat sarana pelestarian penyu sisik (Eretmochelys imbricata). Populasi penyu sisik terancam punah sehingga dilindungi. Tak hanya itu, di sana juga banyak pohon bakau sebagai upaya perbaikan pertahanan pantai.

3. Pulau Bidadari 

Image: www.indoindians.com_bidadari island

Pulau ini bukan berarti berisi para bidadari ya, Scarf Lover. Namun, pulau ini memiliki situs bersejarah dari zaman penjajahan Belanda sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bukan itu saja, pulau ini juga menyediakan resort untuk menginap sembari bersantai menikmati suasana laut. Letaknya yang tak jauh dari daratan Jakarta membuat banyak pengunjung datang hanya berwisata sehari atau yang dikenal One Day Tour. Paket One Day Tour memberikan fasilitas antar pulang ke pulau dari dermaga Marina Ancol, makan siang, water sport (banana boat / water sofa), kunjungan ke tiga pulau terdekat yakni pulau khayangan, Onrust dan Kelor), sepeda dan tiket Fantastic Eco-park Parade di Taman Impian Jaya Ancol. 

4. Pulau Macan 

Image: www.familytravel.com.au (by Beth Plin)

Pulau Macan berkonsep Eco Resort Villages. Di sana terdapat berbagai type cottages, seperti sunset hut, red brick, eco wood, drift wood dan garden hut. Dikutip dari https://nusatour.co.id/ Pulau Macan berukuran cukup kecil dengan sejumlah fasilitas yang dibangun dengan teknologi berbeda, misalnya:

  • Teknologi solar cell buatan Jepang untuk mendistribusikan dan menyimpan energi listrik
  • Pengelolaan limbah menjadi pupuk untuk taman dan kebun mini, atau proses daur ulang sampah, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung
  • Sejumlah bangunan dengan tema yang ramah terhadap lingkungan, karena dibuat dari kayu.

Destinasi wisata memiliki kategori pariwisata sebagai berikut:

1. Wisata edukasi

Salah satu pulau di Kep. Seribu terdapat tumbuhan langka, penangkaran penyu, hiu dan kawasan konservasi hutan mangrove. Tempat ini cocok sebagai sarana edukasi bagi masyarakat setempat maupun luar. 

2. Wisata bawah laut

Keindahan alam laut seperti terumbu karang dan biota laut bisa Anda nikmati di beberapa pantai pulau Kep. Seribu.

3. Wisata budaya

Sambil berlibur Anda bisa sekaligus mengenal situs budaya dari ragam bangun bersejarah yang berdiri di pulau tersebut.

4. Wisata privat

Pantai-pantai di sana bisa banget jadi agenda honeymoon atau family gathering, Scarf Lover!

Kira-kira destinasi wisata apa nih yang bakal Anda kunjungi terlebih dahulu? Yang terpenting tetap jaga protokol kesehatan yang ada ya, Scarf Lover!

(BR)