Yuk Baca Surah Al-Ikhlas, Ini Keistimewaannya!

Qul huwallahu ahad

1. Katakanlah (Muhammad), “Dialah Allah, Yang Maha Esa.

Allahus-samad

2. Allah tempat meminta segala sesuatu.

Lam yalid wa lam yulad

3. (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan.

Wa lam yakul lahu kufuwan ahad

4. Dan tidak ada sesuatu yang setara dengan Dia.”

Apakah Scarf Lover sering membaca surat ini untuk mengisi bacaan surat-surat setelah Al-Fatihah pada salat? Jika iya, maka banyak sekali keistimewaan yang didapatkan. Di antaranya sebagai berikut.

Membaca Surah Al-Ikhlas 10x, Allah bangunkan Istana di Surga

Dari Mu’adz bin Anas Al-Juhaniy radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang membaca ‘Qul huwallahu ahad’ (surah Al-Ikhlas) sampai ia merampungkannya sebanyak sepuluh kali, maka akan dibangunkan baginya istana di surga.” (HR. Ahmad, 3:437. Syaikh Al-Albani dalam Ash-Shahihah mengatakan bahwa hadis ini hasan dengan berbagai penguat).

Adapun hadis:

Telah mengabarkan kepada kami Qutaibah dari Malik dari Abdullah bin Abdurrahman dari ‘Ubaid bin Hunain budak keluarga Zaid bin Al-Khatthab dia berkata: Aku telah mendengar Abu Hurairah berkata: “Aku datang bersama Rasulullah SAW, lalu Beliau mendengar seorang laki-laki membaca surat Al-Ikhlas: Qul huwallahu ahad, allahush-shamad lam yalid walam yulad walam yakullahu kufuwan ahad. Rasulullah SAW kemudian bersabda: ‘Wajib baginya’. Aku bertanya, ‘Apa yang wajib bagi dia wahai Rasulullah?’ Beliau SAW menjawab: Surga.” (Hadis Sunan An-Nasa’i No. 984)

Baca juga  Puasa Arafah, Amalan Sunnah Berlimpah Pahala

Dan Hadis berikut:

Imam Turmuzi mengatakan bahwa Mubarak Ibnu Fudalah telah meriwayatkan dari Sabit, dari Anas, bahwa pernah ada seorang lelaki berkata: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku menyukai surat Qul Huwallahu Ahad (surat) Al-Ikhlas.” Maka Rasulullah SAW. bersabda: Kesukaanmu kepadanya dapat memasukkanmu ke dalam surga.

Sepertiga Al-Qur’an

Dari Abu Said (Al Khudri) bahwa seorang laki-laki mendengar seseorang membaca dengan berulang-ulang ‘Qul huwallahu ahad’. Tatkala pagi hari, orang yang mendengar tadi mendatangi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dan menceritakan kejadian tersebut dengan nada seakan-akan merendahkan surat al Ikhlas. Kemudian Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Demi yang jiwaku berada di tangan-Nya, sesungguhnya surat ini sebanding dengan sepertiga Al- Qur’an”. (HR. Bukhari no. 6643)

Begitu juga dalam hadis:

Dari Abu Darda dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, beliau shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Apakah seorang di antara kalian tidak mampu untuk membaca sepertiga Al-Qur’an dalam semalam?” Mereka mengatakan, “Bagaimana kami bisa membaca seperti Al-Qur’an?” Lalu Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Qul huwallahu ahad itu sebanding dengan sepertiga Al- Quran.” (HR. Muslim no. 1922)

Apakah apabila seseorang membaca Al Ikhlas sebanyak tiga kali sudah sama dengan membaca satu Al-Qur’an 30 juz? Ada sebagian orang yang meyakini hadits di atas ‘Tidak’ Karena ada suatu kaedah yang mengatakan bahwa: “Sesuatu yang bernilai sama, belum tentu bisa menggantikan.”

Baca juga  6 Aktivitas Motorik Kasar yang Baik untuk Anak

Surat Al Ikhlas tidak mencukupi atau tidak bisa menggantikan sepertiga Al-Qur’an, namun dia hanya bernilai sama dengan sepertiganya.

Dicintai Allah SWT

Telah mengabarkan kepada kami Sulaiman bin Dawud dari Ibnu Wahab dia berkata; telah menceritakan kepada kami ‘Amr bin Al Harits dari Sa’id bin Abu Hilal sesungguhnya bapaknya para lelaki -Muhammad bin Abdurrahman- telah menceritakan kepadanya dari ibuya ‘Amrah dari ‘Aisyah bahwa Rasulullah SAW mengutus seseorang dalam suatu pasukan (kecil), ia mengimami para sahabatnya dengan mengakhiri bacaan dengan surat Qul Huwallahu Ahad

Setelah pulang, mereka menceritakan hal itu kepada Rasulullah SAW dan Beliau bersabda: “Tanyakan kepadanya alasan ia melakukan hal tersebut?” Lalu para sahabat segera bertanya kepadanya, dan ia menjawab: “Karena Qul Huwallahu Ahad adalah sifat Ar Rahman -‘Azza wa Jalla- dan aku sangat suka membacanya.” Rasulullah SAW bersabda: “Beritahukan kepadanya bahwa Allah ‘Azza wa Jalla juga sangat mencintainya.” (Hadis Sunan An-Nasa’i No. 983)

Wallahu A’lam Bishshawab. Setelah mengetahui keistimewaannya, jadi makin cinta dan semangat untuk mengamalkannya, kan, Scarf Lover? Yuk, sering-sering membaca surah Al-Ikhlas. (JH)

Translate »