Seoul Central Mosque, Masjid yang Wajib dikunjung Saat ke Korea Selatan

Seoul Central Mosque adalah masjid yang berlokasi di daerah Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Masjid ini dibagun pada tahun 1974 dan mulai dibuka pada tahun 1976, menjadikan masjid ini sebagai masjid pertama dan tertua di Korea.

Pembangunanya merupakan donasi pemerintah Korea untuk lahan seluas 5.000 meter persegi, serta uang pembangunan masjid dari dana hibah Arab Saudi dan negara-negara Timur Tengah lainnya. Didirikannya Seoul Central Mosque sebagai tempat beribadah bagi muslim di Korea serta untuk mendidik masyarakat luas tentang Islam dan budaya Islam.

Saat pertama kali mengunjunginya, Anda akan disuguhkan dengan desain masjid bernuansa serba putih yang menawan. Pada bagian depan masjid terpampang lahfadz “Allahu Akbar” yang cukup besar dan menyala ketika malam hari.

Baca juga  Dior Bekerja Sama Dengan UNESCO Bangun Kepercayaan Diri Perempuan Muda

Lantai pertama masjid ini digunakan sebagai kantor Korea Muslim Federation (KMF) dan ruang pertemuan. Lantai dua untuk beribadah Jemaah pria, dan lantai tiga untuk beribadah Jemaah wanita. Masjid negeri gingseng ini, mampu menampung hingga 800 jemaah.

Di dalam kawasan masjid juga terdapat madrasah Prince Sultan Islamic School yaitu sekolah Islam pertama di Korea. Tujuannya membantu anak-anak Muslim di Korea, belajar tentang agama islam melalui kurikulum sekolah resmi, seperti membaca Al-Quran dan menulis bahasa Arab. 

Image: instagram.com/xolovelyayana

Diapit oleh jalan antara Sungai Han dan Gunung Namsan, menjadikan masjid ini memiliki pemandangan sungai dan kota yang memikat. Inilah yang menjadi alasan banyak wisatawan umum mendatangi masjid ini untuk melihat keindahaan masjid sekaligus menikmati pemandangan sungai Han.

Baca juga  Mengenal Singapura Dari Masa Lalu

Ya, benar, masjid ini terbuka untuk pengunjung umum. Pada bagian depan pintu masuk masjid terdapat tata cara berbusana untuk masuk ke masjid. Pihak masjid juga menyediakan rok untuk dikenakan pengunjung perempuan yang memakai pakaian pendek.

Tak jauh dari lingkungan masjid anda akan menemukan pusat kuliner halal, di sana banyak restoran yang menawarkan menu makanan Timur Tengah, India hingga santapan khas Korea Selatan. Terdapat juga agen-agen tur haji dan umroh serta toko barang-barang kebutuhan umat muslim. Jalan ini menjadi destinasi wisata favorit yang muslim friendly untuk traveler.

Bila Anda berkunjung ke korea selatan pastikan Seoul Central Mosque ada dalam bucket list ya, scarf Lover! (JH)

Translate »