Mengenal Jenis Cokelat, Sudah Tahu Belum?

Cokelat menjadi salah satu kudapan yang sangat digemari oleh semua kalangan karena rasa, tekstur, dan aromanya yang menyenangkan dapat memperbiki suasana hati. Hal itu karena cokelat mengandung senyawa teobromina yang berpengaruh pada kestabilan emosi.

Saat ini, mudah sekali untuk menemukan cokelat di toko atau supermarket terdekat. Tetapi, sudah tahukah Anda bahwa cokelat memiliki beragam jenis, rasa dan manfaat yang berbebda? Berikut jenis-jenis cokelat yang dilansir Bon Appetit

  • Dark Chocolate 
image: pixabay

Cokelat yang terbuat dari lemak kakao sebanyak 80 persen ini biasa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan kue. Dark chocolate memiliki rasa yang sedikit pahit dari jenis cokelat lainnya, hal ini dikarenakan dark chocolate tidak menggunakan pemanis tambahan seperti susu atau gula. Sehingga cokelat ini cocok bagi Anda yang sedang menjalankan program diet. 

  • Milk Chocolate
image: pixabay

Salah satu jenis cokelat yang sudah dikenal sejak lama dan mudah ditemukan di supermarket. Sesuai dengan namanya, milk chocolate ini mengandung tambahan susu di dalamnya. Dengan tambahan gula, minyak nabati, dan vanilla menjadikan cokelat ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan rasa manis. Milk chocolate menjadi pilihan tepat bagi Anda yang ingin memberi hadiah untuk orang-orang terdekat. 

  • White Chocolate
Baca juga  Tips Mengajarkan Anak Berhijab Sejak Dini
image: pixabay

Cokelat ini terbuat dari lemak kakao murni sebanyak 20 persen, dengan tambahan bahan lain seperti susu, gula, atau krim. Lemak kakao inilah yang membuat tampilannya berwarna putih. Karena rasanya yang sangat manis dan creamy, cokelat putih sangat jarang untuk dikonsumsi maupun diolah sebagai masakan. Biasanya rasa manis white chocolate ini sering dijadikan pelengkap makanan atau minuman yang bercita rasa pahit. 

  • Unsweetened Chocolate 
image: pixabay

Sesuai dengan namanya cokelat ini memiliki cita rasa yang sangat pahit, bahkan lebih pahit dari dark chocolate. Hal ini dikarenakan unsweetened chocolate terbuat dari kakao cair dan mentega tanpa tambahan pemanis sama sekali. Cokelat ini lebih sering dimanfaatkan untuk memasak hidangan yang memerlukan gula dalam jumlah banyak, seperti kue brownies.

  • Cocoa Powder
Baca juga  Manfaat yang Bisa Didapat dari Melakukan Solo Traveling
image: pixabay

Merupakan jenis cokelat yang berasal dari bubuk kakao tanpa pemanis tambahan. chocolate powder sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu, cocoa powder natural dan cocoa powder dutch-process. Cocoa powder natural memiliki cita rasa cokelat yang kuat dan sedikit asam. Sedangkan rasa asam pada cocoa powder dutch-proces sudah dihilangkan sehingga memiliki rasa manis dan lembut. Chocolate powder sangat cocok dijadikan sebagai bahan tambahan untuk membuat makanan atau pun minuman. 

Nah, itulah beberapa jenis-jenis cokelat yang memiliki cita rasa serta manfaat yang berbeda. Jadi, mulai sekarang pilih jenis cokelat sesuai dengan kebutuhan ya, Scarf Lover. (PR)

Translate »