Mengenal 6 Jenis Tanaman Pangan Masa Depan

Tanaman pangan masa depan merupakan jenis tanaman makanan yang memiliki nutrisi lebih untuk tubuh dan lebih sedikit dampak negatif terhadap lingkungan hidup.

Di Indonesia,terdapat 6 tanaman pangan masa depan yang mudah untuk didapatkan. Ada baiknya, jika Anda menanamnya di halaman atau pot rumah. Selain memudahkan untuk dapat mengolahnya menjadi sumber makanan sewaktu-waktu, tanaman ini juga memiliki manfaatnya masing-masing.

  1. Kelor
image: pixabay

Daun kelor adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan cepat,memiliki umur panjang,berbunga sepanjang tahun dan tahan dengan kondisi panas ekstrim. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai pangan dan obat untuk mencegah anemia,menjaga sel-sel tubuh, kuku, rambut dan kulit Anda. Selain daunnya, biji kelor juga digunakan sebagai pejernih air skala kecil.

2. Bayam 

image: pixabay

Di balik manfaat bayam yang biasa dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau, bayam juga dikenal sebagai sayuran yang memiliki sumber zat besi yang penting untuk tubuh. Tidak hanya itu, tanaman yang berasal dari Amerika ini juga memiliki manfaat untuk mencegah anemia lho, Scarf Lover.

Baca juga  Tampil Maksimal dengan Padupadan Penampilan Bernuansa Nude

3. Pakcoy

image: pixabay

Sayuran ini awalnya populer di Tiongkok, kemudian menyebar ke indonesia. Selain menjadi bahan untuk membuat masakan yang lezat, tanaman pakcoy juga merupakan tanaman untuk menjaga kesehatan mata, tulang dan kulit. 

4. Ubi cilembu

image: pexels

Ubi yang merupakan ras lokal asal kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi Cilembu termasuk ubi yang paling istimewa dari umbi biasanya. Karena jika dipanggang akan mengeluarkan sejenis cairan lengket gula madu yang membuatnya terasa manis. Karena itu, ubi cilembu disebut sebagai juga umbi si madu. Untuk Anda yang memiliki masalah pencernaa dapat mengkonsumsi ubi cilembu ini. Karena ubi ini bisa membantu melancarkan percenaan dan mencegah sembelit.

Baca juga  Muslim Street Food in Jakarta

5. Selada air

image: pexels

Tumbuhan yang asli Eropa dan Asia merupakan salah satu sayuran daun tertua yang dikonsumsi oleh manusia. Selada air dapat berfungsi sebagai kekebalan tubuh karena kaya akan sulfur, nitrogen dan yodium.

6. Kacang Hijau

image: pexels

Kacang hijau merupakan makanan berprotein yang sering kita jumpai. Biasanya, biji kacang hijau direbus sampe lunak hingga dapat dimakan menjadi bubur kacang ijo. Kacang ijo sangat baik dikonsumsi karena kaya protein serta baik untuk kulit kepala dan pertumbuhan rambut.

(TS)

Translate »