Keuntungan Menggunakan Alat Makan dari Kayu

Sebagian orang sepertinya sudah biasa menggunakan alat makan yang terbuat dari stainless steel atau plastik. Tetapi, tahukan Anda kalau kedua bahan tersebut dibuat dengan campuran zat kima yang tidak baik untuk tubuh apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang. 

 Mungkin, dengan mengganti serta menggunakan alat makan yang terbuat dari kayu bisa menjadi salah satu solusinya dan ternyata ada banyak keuntuangan jika Anda menggunakan alat makan dari kayu. 

Berikut 5 keuntungan menggunakan alat makan dari kayu.

1. Lebih Tahan Lama

Image: freepik

Sifatnya yang kuat dan tahan banting membuat alat makan dari kayu bisa bertahan lama dan awet sepanjang masa. Meskipun begitu, tetaplah melakukan perawatan dengan mencuci bersih peralatan setelah digunakan.  

2. Tahan Panas

Kayu tidak mudah menghantarkan panas karena sifatnya sebagai non-konduktor alami. Berbeda dengan stainless steel yang dengan mudah menghantarkan panas karena sebagai konduktor alami. Berbeda pula dengan bahan plastik yang mudah meleleh jika terkena panas. 

Baca juga  Hari Hepatitis Sedunia

3. Anti Karat dan Non-korosif

Image: freepik

Kayu tidak akan berkarat atau menjadi korosif saat diekspos ke zat asam. Sama halnya dengan plastik yang juga anti karat dan tidak korosif, tetapi plastik tidak memiliki toleransi terhadap panas. Zat kimia dari plastik sangat mudah untuk tergerus dan terkonsumsi melalui makanan ke dalam tubuh.

4. Alami Dan Non-reaktif

Kayu tidak akan bereaksi dengan zat asam dari makanan. Bahan stainless yang berkualitas rendah biasanya akan meninggalkan rasa seperti besi di lidah dan bahkan mengubah rasa makanan saat digunakan untuk menyendok jenis makanan yang memiliki zat asam yang tinggi. 

5. Anti Bakteri

Image: freepik

Hasil riset menunjukkan bahwa kayu memiliki kemampuan alami untuk membunuh kuman dan bakteri. Tterbukti bahwa bakteri akan berkembang lebih cepat pada material berbahan plastik dan besi dibandingkan dengan kayu.

Baca juga  “Grandma Dressing" Fashion Comeback 2019!

6. Ramah Lingkungan

Kayu adalah pilihan terbaik jika menyangkut urusan ramah lingkungan. Jelas, karena kayu sendiri berasal dari alam dan tidak menggunakan campuran zat kima pada proses pembuatannya. 

7. Artistik

Image: pixabay

Permukaan kayu yang beragam dikenal memiliki nilai seni yang tinggi. Beberapa jenis kayu yang terkenal memiliki corak permukaan yang indah adalah: kayu sonokeling, kayu jati, kayu suren, kayu oak, dan kayu jati belanda. Tidak heran jika alat dari kayu ini sering dijadikan pajangan dekorasi dapur karena unik dan menarik.

Itulah beberapa keuntungan jika menggunakan alat makan yang terbuat dari kayu. Bagaimana Scarf Lover, apakah Anda tertarik untuk mengganti alat makan stainless steel atau plastik menjadi kayu? Jika tertarik, segera dapatkan koleksi alat makan kayu di toko furnitur terdekat, ya! (PR)

Translate »