Keuntungan dan Kerugian dari Penggunaan Hair-Dryer

414

Hair-dryer atau pengering rambut diketahui memang sebagai alat yang digunakan untuk mempercepat proses pengeringan rambut sehabis keramas, yang mana dilengkapi pula dengan pengaturan tingkat suhu tertentu sesuai kebutuhan masing-masing.

Namun, apakah Scarf Lover tahu apa saja keuntungan dan kerugian dalam penggunaan hair-dryer ini? Dilansir dari medium.com berikut ini penjelasannya.

Seperti yang sudah diketahui bahwa menggunakan hair-dryer ini dapat menimbulkan efek buruk pada rambut dan terlebih lagi jika digunakan dengan cara yang buruk, maka inilah beberapa kerugian jika Anda menggunakan hair-dryer terlalu sering dan dengan cara yang salah.

  • Membakar dan mendehidrasi rambut. Penggunaan hair-dryer dengan cara yang salah akan menimbulkan kerusakan pada rambut Anda.
  • Menghilangkan kecerahan rambut. Memiliki rambut yang cerah dapat membuat Anda percaya diri, namun jika Anda memakai hair-dryer terlalu sering juga akan menghilangkan kecerahan rambut asli Anda.
  • Membuat rambut menjadi rontok. Kesehatan rambut Anda menjadi bermasalah jika tidak menggunakan hair-dryer dengan cara yang benar.
  • Merusak tekstur rambut. Jika Anda tidak mengatur suhu hair-dryer serta memakainya tidak teratur, maka cepat atau lambat tekstur rambut Anda akan rusak.
  • Meninggalkan rambut kusut. Nah, ini adalah dampak kerugian terakhir dari penggunaan hair-dryer yang salah, rambut Anda akan menjadi kusut, terlebih jika tidak disisir kembali.

Di antara aspek-aspek kerugian dari pemakaian hair-dryer tersebut, perlu diketahui bahwa hair-dryer itu seperti besi, karena suhunya yang tinggi dapat menyebabkan sesuatu pada rambut Anda yang disebut rambut gelembung. Definisi ini digunakan saat banyak lepuh udara terbentuk diantara kutikula rambut, hasil penguapan air yang terkandung di dalam batang rambut, yang disebabkan oleh panas yang ekstrim dari peralatan kapiler ini. Singkatnya, berakhir pada melemahnya kekuatan rambut.

Namun, jangan khawatir, Scarf Lover. Penggunaan hair-dryer ini tidak selamanya menghasilkan kerugian bagi rambut Anda, berikut ini adalah keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari menggunakan alat pengering rambut ini.

  • Menggunakan hair-dryer dapat membantu membentuk rambut Anda menjadi berbagai macam gaya sesuai keinginan atau kebutuhan Anda.
  • Efektif menghilangkan kelembaban rambut, serta menyebabkan lebih sedikit keriting dan menciptakan keseluruhan bentuk yang alami untuk ditata.
  • Menghemat Uang. Ya, menggunakan hair-dryer ini salah satunya dapat menghemat uang Anda. Tidak perlu ke salon serta membuat janji dengan penata rambut, hanya dari rumah saja, Anda dapat menghasilkan gaya rambut yang Anda inginkan.
  • Mengurangi waktu pengeringan. Masalah lain jika rambut Anda tebal dan panjang adalah waktu pengeringan. Anda tentu tidak ingin terjebak dengan pengeringan selama berjam-jam. Inilah alasan yang memungkinkan Anda melakukan hair-drying dalam satu atau dua menit. Pengering rambut menguapkan air dan kelembapan lebih cepat dari biasanya.
  • Pengering rambut juga cocok untuk hewan peliharaan. Ya, jika Anda mempunyai hewan peliharaan seperti kucing, pengering rambut juga bisa menjadi bantuan yang luar biasa dan efektif untuk rambut kucing Anda. Atur saja setelan panas ke rendah dan jauhkan penggunaannya dari hewan peliharaan Anda, agar hasilnya lebih bagus.

Kemudian, bagaimana cara terbaik untuk mengeringkan rambut Anda jika menggunakan hair-dryer ini? Berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Atur dan gunakan pada suhu tidak melebihi 45 C°.
  2. Harus digunakan dengan jarak minimal 15 cm.
  3. Tidak digunakan secara statis, atau tidak boleh terkonsentrasi pada suatu titik untuk waktu yang lama. Artinya, hair-drying harus digunakan dengan membuat gerakan.

Semoga membantu, ya, Scarf Lover! (AR)