Jokowi Resmikan Bendungan Tapin di Kalsel: Hasilkan Listrik dan Kurangi Risiko Banjir

Melalui siaran kanal YouTube Sekertariat Negara, Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Tapin, Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin. Peresmian dibuka oleh sambutan Pj Gubernur Kalsel Safrizal ZA, yang mengatakan bahwa dengan adanya bendungan ini mampu meminimalisirkan dampak bencana banjir besar di Kalsel kala itu.  

Proyek Bendungan Tapin dibangun pada tahun 2015 sampai 2020. Proyek ini menghabiskan anggaran sebesar 986 miliar rupiah. Bendungan dengan kapasitas 56,7 juta meter kubik air, yang bisa berperan sebagai media penanggulangan banjir, memperkuat kesediaan pangan sebab adanya irigasi dan sumber air melimpah di lahan 5.472 hektare. Selain itu, bendungan ini menghasilkan air baku senilai 0,50 meter kubik per detik dan listrik 3,3 megawatt. 

Baca juga  Cantik! Wardah Colorfit Velvet Matte Lip Mousse Yang Ringan Di Pakai.
Image: Tangkapan Layar Youtube Sekertariat Negara

Jokowi berharap semoga dengan adanya bendungan ini bisa membantu sektor pertanian supaya lebih meningkat dan upaya untuk melakukan penghutanan kembali. Sebelumnya, di daerah bendungan ini terdapat beberapa penduduk yang tinggal dan kemudian di relokasi di bagian hilir. Lalu, Jokowi pun bertanya mengenai harapan bendungan ini kepada salah satu warga setempat. 

Baca juga  Grand Kemang Hotel Jakarta Siap Gelar Grand Kemang Fest 2019

“Masyarakat kami disini tidak hanya sebagai penonton, pak. tetapi kami ingin perubahan agar masyarakat diberdayakan melalui desa pariwisata yang ingin kami inginkan, Pak. Untuk desa pariwisata di tempat ini karena terbuka usaha untuk masyarakat disini.” ujar hadirin

Jokowi pun setuju dengan harapan salah satu warga setempat bahwa benar keindahan di sekitar bendungan bisa dijadikan objek wisata bagi masyarakat Kabupaten Tapin maupun Provinsi Kalsel sendiri.  (BR)

Translate »