Inilah Alasan Kenapa Tidak Boleh Konsumsi Gula Berlebih

Saat ini sudah banyak beredar produk makanan atau pun minumnan yang mengandung gula. Rasa gula yang manis sering kali dijadikan pelengkap rasa makanan atau minuman agar lebih nikmat. Tapi, tahukah Scarf Lover? konsumsi gula secara berlebih tidak baik untuk kesehatan.  

Dilansir dalam Medical News Today, tidak semua makanan dan minuman dapat memberikan rasa manis secara alami, beberapa diantaranya harus menggunakan tambahan gula. Dengan tambahan gula inilah yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan jika dikonsumsi secara terus-menerus dan berlebih. 

Tambahan gula memiliki bentuk yang beragam, seperti brown sugar, gula jagung, sirup gula, madu, gula malt, gula tetes, dan lain sebagainya. Jadi, tidak terus melulu seperti gula pasir. Selain itu, Anda juga harus teliti dengan bahan makanan atau minuman yang mengandung gula dengan akhiran kata “osa” seperti, dekstrosa, fruktosa, gulkosa, laktosa, maltosa, dan sukrosa. 

Berikut merupakan alasan mengapa gula bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

1. Kurangnya Nilai Gizi

Image: pixabay

Menambahkan gula ke dalam makanan atau minuman dapat meningkatkan kandungan kalorinya tanpa menambahkan manfaat nutrisi apa pun. Tubuh biasanya mencerna makanan dan minuman ini dengan cepat. Oleh karena itu, konsumsi tambahan gula berlebih dapat menimbulkan masalah pada kesehatan lebih lanjut.

Baca juga  Minyak Sehat Yang Cocok Untuk Memasak

2. Bertambahnya Berat Badan

Image: pixabay

Dilansir Healthline, minuman yang dimaniskan dengan gula seperti soda, jus, dan minuman manis dalam kemasan mengandung fruktosa, sejenis pemanis tambahan. Saat tubuh menerima terlalu banyak pemanis tersebut, tingkat insulin akan bertambah dan meningkatkan produksi lemak. Tidak hanya itu, gula juga tidak membuat kita merasa kenyang, walaupun jumlah kalori yang dikandungnya sangat tinggi.

3. Meningkatkan Risiko Diabetes

Image: pixabay

Prevalensi diabetes di seluruh dunia telah meningkat lebih dari dua kali lipat selama 30 tahun terakhir. Obesitas dianggap sebagai faktor terkuat penyebab diabetes, meskipun ada banyak kemungkinan lain yang bisa terjadi. Mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan obesitas, hal itu akan memicu perlawanan terhadap insulin. Ketika hormon tersebut melemah, gula darah tidak akan terkontrol sehingga seseorang pun menderita diabetes.

Baca juga  Sering Menggunakan Earphone Terlalu Lama? Kenali Bahayanya!

4. Merusak Gigi

Image: pixabay

Konsumsi gula secara sering dan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan pada gigi. Setelah mengkonsumsi gula, bakteri yang ada di mulut membentuk lapisan tipis seperti plak di atas permukaan gigi. Bakteri tersebut akan bereaksi dengan gula dan dapat memicu pelepasan asam yang merusak gigi. Hal ini dapat menyebabkan gigi berlubang secara permanent. Membatasi asupan gula merupakan salah satu cara efektif mencegah gigi berlubang.

5. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Image: pixabay

Terlalu banyak konsumsi gula bisa meningkatkan risiko terhadap berbagai penyakit. Salah satunya adalah penyakit jantung, penyebab kematian nomer satu di seluruh dunia. Dilansir dari Healthline, orang yang mengonsumsi 17-21% kalori dari gula memiliki risiko 38% untuk meninggal karena penyakit jantung.  

Scarf Lover mungkin tidak merasakan dampaknya sekarang, tetapi nanti di masa depan. Oleh karena itu, sebaiknya mulai sekarang kurangi konsumsi gula setiap harinya agar terhindar dari penyakit-penyakit di atas.

(PR)

Translate »