Hafalkan 3 Surat Ini Sebelum Ajal Menjemput

Semua makhluk di dunia akan mati dan tidak ada satupun yang tahu kapan tiba ajal menjemput. Bahkan menurut kisah Kabil Akbar, Malaikat Izrail sang pencabut nyawa pun tak tahu kapan kematian terjadi. Waktu kematian akan selalu menjadi misteri yang tak terelakkan dari jadwal kematian yang tidak bisa dipercepat dan tidak bisa diundur lagi. Allah telah menetapkan dan menjadi rahasia bagi-Nya. Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan pada QS. Al-Munafiqun 63: Ayat 11, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

وَلَنْ يُّؤَخِّرَ اللّٰهُ نَفْسًا اِذَا جَآءَ اَجَلُهَا ۗ وَا للّٰهُ خَبِيْرٌ بِۢمَا تَعْمَلُوْنَ

wa lay yu`akhkhirollaahu nafsan izaa jaaa`a ajaluhaa, wallohu khobiirum bimaa ta’maluun

Artinya:

“Dan Allah tidak akan menunda (kematian) seseorang apabila waktu kematiannya telah datang. Dan Allah Maha Mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.”

Scarf Lover, kematian menjadi suatu hal yang pasti terjadi namun, seringkali kita abaikan. Selagi masih ada waktu perbaikilah diri kita masing-masing sebagai bekal di akhirat yang kekal. Maka, bertobatlah kepada Allah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman:

Baca juga  Mengenal Lebih Dekat Tanda Baca Waqaf

فَمَنْ تَا بَ مِنْۢ بَعْدِ ظُلْمِهٖ وَاَ صْلَحَ فَاِ نَّ اللّٰهَ يَتُوْبُ عَلَيْهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ غَفُوْرٌ رَّحِيْمٌ

fa mang taaba mim ba’di zhulmihii wa ashlaha fa innalloha yatuubu ‘alaiih, innalloha ghofuurur rohiim

Artinya:

“Tetapi barang siapa bertobat setelah melakukan kejahatan itu dan memperbaiki diri, maka sesungguhnya Allah menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.”

(QS. Al-Ma’idah 5: Ayat 39)

Untuk saatnya kini mulailah kembali ke jalan Allah, ada baiknya Anda bisa mencoba menghafalkan setidaknya 3 surat berikut: 

  • Al-Mulk (Kerajaan), dalam Al-Qur’an sebagai Surah ke-67 berjumlah 30 ayat, Juz 29 dan diturunkan di kota suci Mekkah. 

Cukup 30 ayat saja yang dihafalkan, jika lebih maka akan lebih baik pula. Dalam Hadits Riwayat Tirmidzi No. 2891 dijelaskan “Ada suatu surat dari Al-Qur’an yang terdiri dari 30 ayat dan dapat memberi syafa’at bagi yang membacanya, sampai dia diampuni, yaitu surah Al-Mulk. 

  • Al-Kahfi (Gua), dalam Al-Qur’an sebagai Surah ke-18 berjumlah 110 ayat, Juz 15 (Ayat 1-74) dan Juz 16 (Ayat 75-110), diturunkan di kota suci Mekkah. 
Baca juga  Baca Surat al-Kahfi di Malam Jumat, Apa Hikmahnya?

Anda bisa mencoba menghafalkan 10 ayat awal atau terakhir. 

“Barangsiapa menghafal 10 ayat pertama dari surah Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari (fitnah) Dajjal” (HR. Muslim N0.809). 

  • Al-Baqarah (Sapi Betina), dalam Al-Qur’an sebagai Surah ke-2 berjumlah 286 ayat, Juz 1 (Ayat 1-141), Juz 2 (Ayat 142-252), dan Juz 3 (Ayat 253-286), diturunkan di kota suci Madinah.

Scarf Lover bisa mengingat 2 ayat terakhir saja dari surah ini. Dalam Hadits Riwayat Bukhari No.5009, mengatakan:

“Barangsiapa membaca dua ayat terakhir dari surah Al-Baqarah pada malam hari, niscaya ia akan diberi kecukupan.”

Mulai sekarang Scarf Lover bisa mencoba mengamalkan hafalan tersebut. Setidaknya minimal 3 surah di atas sebagai persiapan kematian. Sebenarnya Anda juga dapat melakukan amalan baik lainnya seperti menghafalkan Al-Qur’an, bersedekah, dan sebagainya. Bagi kita kaum muslimin dan muslimah, marilah bersama memperbaiki diri dengan rajin beribadah dengan melaksanakan kewajiban dari-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Semoga kita semua diberi perlindungan dan ampunan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala.  Aamiin ya rabbal ‘alamin. 

(BR)

Translate »