Dior Jalin Kerja Sama untuk Berdayakan UMKM Indonesia

Gubernur Bali dan Christian Dior telah resmi menandatangani Memorandum Saling Pengertian (Memorandum of Understanding). Upaya bekerja sama ini bertujuan untuk mempromosikan ekspresi budaya tradisional Indonesia khususnya Tenun Endek Bali atas dasar saling menghormati dan saling menguntungkan (11/02). 

Image: kemlu.go.id

MoU tersebut merupakan aktualisasi dari pernyataan kehendak yang telah ditandatangani sebelumnya oleh kedua belah pihak pada tanggal 8 Januari 2021. Kesepakatan ini  memiliki ruang lingkup antara lain untuk promosi pemanfaatan Tenun Endek Bali, pemberdayaan UMKM, serta kegiatan dan bidang lain untuk mendukung aktualisasi penggunaan Tenun Endek Bali. 

Poin penting dalam kerja sama ini adalah tingginya komitmen bersama untuk melindungi Hak Kekayaan Intelektual, Pengetahuan Tradisional dan Ekspresi Budaya Tradisional khususnya untuk Tenun Endek Bali. 

Baca juga  Wajah Baru Ambassador Brand Skincare Lancôme

Hal tersebut tentunya sejalan dengan upaya perlindungan yang telah dilakukan Indonesia. Begitu pula dengan pihak Dior yang mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan Indonesia. Dior sepakat sebab sesuai dengan tujuan Dior agar dapat melindungi Ekspresi Budaya Tradisional.

Image: kemlu.go.id

Kemudian, dari hasil kerja sama tersebut terdapat beberapa Tenun Endek Bali yang telah melewati proses uji standar dan dipilih Dior. Di mana, tenun yang terpilih akan masuk ke dalam koleksi untuk Spring/Summer 2021, yang diperkirakan akan sudah mulai tersedia di boutique Dior seluruh dunia pada Maret 2021.

Selain komitmen antar kedua belah pihak, terbentuknya MoU yang akan berlangsung hingga 3 tahun ke depan ini memperlihatkan sinergitas yang erat antar K/L di Indonesia. Hadir pada acara adalah pihak K/L terkait baik dari Pemerintah Pusat maupun Daerah, antara lain Pemerintah Provinsi Bali, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perdagangan, dan Kementerian Dalam Negeri

Baca juga  Siap Luncurkan Inovasi baru, SK-II Hadirkan 6 Series dan SK-II City

Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Nasir menyatakan bahwa kesepakatan dengan Dior ini tidak akan dapat terealisasi bila tidak ada kerja sama antar seluruh instansi yang terkait, baik di tingkat Pusat maupun Daerah. “Seluruh instansi terkait turut berkontribusi dalam menyukseskan kelancaran pembahasan dan pelaksanaan, semoga, ke depan, apa yang telah disepakati dapat memberikan manfaat yang diharapkan dan memperkuat ekspresi budaya tradisional Indonesia,” ujar Dubes Arrmanatha. Ia menambahkan bahwa diharapkan kerja sama ini dapat turut menciptakan terbukanya peluang-peluang kolaborasi dengan rumah mode lainnya.

(Sumber: KBRI Paris)

(BR)

Translate »