Cara Membuat Sushi ala Rumahan Dijamin Halal dan Lezat

Siapa yang tidak suka sushi saat ini? Mayoritas semua orang pasti menyukainya dan membagikannya melalui instastory. Sushi merupakan makanan khas jepang yang paling populer pada menu restoran saat ini. 

Nasi termasuk salah satu element utamanya. Ciri khas beras  yang digunakan dalam proses pembuatan sushi lebih lengket dan kenyal dibandingkan dengan nasi biasa yang sehari-hari Scarf Lover konsumsi. 

Pemilihan beras yang tepat adalah kunci keberhasilan pembuatan sushi. Jika menggunaan beras yang salah akan menyebabkan kegagalan pada proses pembuatan sushi. Akibatnya, sushi sulit digulung atau dibentuk. Ada baiknya, Anda membuat sushi dengan beras jepang. 

Namun,jangan khawatir jika Scarf Lover tidak menemukan beras jepang. Anda tetap dapat membuatnya kok dirumah dengan mengikuti 4 tips berikut yang dikutip dari laman royco.co.id.

image: pexels

1. Gunakan beras yang pulen 

Beras tentu memiliki jenis tekstur, kualitas dan harga yang berbeda. Walaupun Anda tidak menemukan beras jepang, disarankan Anda menggunakan beras pulen yang berkualitas baik. Karena pemilihan beras yang tepat adalah kunci keberhasilan pembuatan sushi. Dan tidak sarankan menggunakan beras yang pera karena tidak bisa diolah menjadi sajian sushi. 

Baca juga  11 Manfaat Argan Oil Bagi Perempuan

2. Campur beras dengan ketan

Tidak hanya menggunakan beras yang pulen. Jika Anda tidak menemukan beras jepang, Anda dapat menggantinya dengan campuran beras biasa dan beras ketan dengan perbandingan 1 kg beras: 100 gram ketan. Melakukan penambahan ketan pada campuran nasi biasa tadi akan membuat nasi lebih kenyal saat dimakan.

3. Campur nasi dengan cuka beras 

Setelah beras sudah menjadi nasi, campurkan nasi dengan cuka beras dari jepang, gram dan gula. Dengan perbandingan 1kg beras: 150 cc cuka beras: 25 gram garam: 50 gram gula. Anda dapat membeli cuka jepang di online atau indomaret. Disarankan jangan menggunakan cuka Indonesia karena rasanya lebih asam dari cuka beras jepang. Ohya, pastikan Anda menambahkan cukanya setelah nasi matang dan dikeluarkan dari penanak nasi ya.

Baca juga  Lakukan Hal Berikut Agar Merasa Siap Saat Bersalin

4. Aduk beras dengan sendok kayu

Tidak hanya pemilihan beras sebagai kunci kesuksesan pembuatan sushi. Ternyata pemilihan sendok untung mengaduknya juga. Pilihlah sendok untuk mengaduk beras yang terbuat dari kayu. Karena sendok stainless steel akan menimbulkan reaksi pada cuka yang ditambahkan pada nasi.

Itu dia cara membuat sushi ala rumahan yang lezat dan dijamin halal. Disarankan jangan langsung mengolah nasi untuk membuat sushi. Sebaiknya dinginkan dulu nasi hingga mencapai suhu ruangan. Kemudian, setelah nasi dingin barulah diolah. Selamat mencoba Scarf Lover. Semoga berhasil.

 

(TS)

Translate »