Bernyanyi di Kamar Mandi Memicu Masuknya Bakteri ke Tubuh

Tanpa kita sadari kebiasaan bernyanyi di kamar mandi ternyata bisa mempermudah virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Apalagi mulut terbuka ketika bernyanyi.  

Dalam Islam juga telah dijelaskan mengenai larangan menyanyi di kamar mandi sebagai berikut:

Dalam Hadist Riwayat Bukhari, Rasulullah mengatakan ketika iblis ingin menetap di bumi oleh Allah SWT. “Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,” ujar iblis.

Allah SWT berfirman, “Tempat tinggalmu adalah WC (kamar mandi atau jamban). 

Oleh sebab itu, kamar mandi menjadi perkumpulan iblis untuk menggoda manusia, seperti bernyanyi, mastrubasi, bermain ponsel dan mendengarkan musik di kamar mandi.

Bernyanyi di kamar mandi membuat kita melanggar peraturan Allah dan membuat badan bisa mudah terserang penyakit. Berbagai virus dan bakteri berada di sekitar kamar mandi, antara lain:

Image: www.lavidalucida.com

1. Bakteri Escherichia coli (E. coli) 

Bakteri yang hidup di dalam usus besar manusia. Apabila E.coli kategori bakteri baik, maka akan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Namun, jika E.coli tersebut tipe 0157:H7 (bakteri jahat) dapat menghasilkan racun sehingga menimbulkan penyakit seperti diare ringan hingga berdarah karena eksotoksin, demam, perut keram, dehidrasi, nafsu makan berkurang dan mual. Anak-anak dan lansia rawan dan bisa berdampak lebih parah. 

Baca juga  Trend Tidur dengan Mulut di Plester, Menyehatkan atau Membahayakan?

2. Virus Gastrointestinal

Virus ini sangat mudah berpindah dan berkembang biak pada lantai kamar mandi. Gejala ringan bisa menyebabkan sakit perut. Namun, melansir dari Healthline.com, Infeksi Gastrointestinal atau pendarahan saluran pencernaan bisa menyerang bagian dalam tubuh dan menjadi penyakit serius diantaranya:

1. Gasterointestinal atas meliputi

  • Kerongkongan
  • Lambung

Pendarahan yang terjadi menyebabkan hematemesis (muntah darah) dan melena (tinja berdarah)

2. Gasterointestinal bawah meliputi

  • Usus besar
  • Usus kecil
  • Rektum
  • Anus

Pendarahan ini terjadi disebabkan penderita mengalami sakit wasir, kanker, angiodysplasia, colitis ulserativa, penyakit Crohn dan fistula aortoenterika sehingga mengalami melena. 

3. Salmonella 

Melansir dari Wikipedia, bakteri ini menyerang pada organ pencernaan. Gejala yang akan dialami penyakit karena salmonelosis adalah diare, kram perut, dan demam dalam waktu 8-72 jam setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi Salmonella. Gejala lainnya adalah sakit kepalamual, dan muntah-muntah.

Baca juga  Mengenal Ramsay Hunt Syndrome yang Diidap Justin Bieber

4. Staphylococcus Aureus (S.Aureus)

Bakteri ini terletak di saluran pernapasan atas dan kulit. Bakteri ini jarang menimbulkan penyakit kepada manusia yang sehat tetapi orang tersebut akan menjadi karier (pembawa penyakit) kepada orang yang rentan. Infeksi serius terjadi apabila terdapat penyakit sebelumnya seperti bisul, jerawatpneumoniameningitis, dan arthritits. Sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini memproduksi nanah, oleh karena itu bakteri ini disebut piogenik. 

Menjaga kebersihan dan kesehatan merupakan prioritas terhadap tubuh kita agar tetap bugar. Oleh karena itu, mulai dini kebiasaan buruk tersebut perlahan harus dihilangkan. Jangan lupa juga ya Scarf Lover untuk rutin membersihkan kamar mandi, terutama WC sebagai tempat pembuangan air kecil dan besar. Pastikan sikat gigi, sabun, pasta gigi, dan lainnya tersimpan dengan baik agar tidak mudah terkontaminasi virus dan bakteri yang mengintai. 

(BR)

Translate »