Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil

143

Air kelapa diketahui sangat baik dan bermanfaat untuk tiap orang, terutama ibu hamil. Namun jangan salah kaprah dulu, Scarf Lover. Air kelapa yang diminum saat hamil tidak akan membuat bayi yang lahir menjadi bersih, itu hanya mitos belaka.

Akan tetapi, air kelapa tetap memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ibu saat hamil, seperti yang dikutip dari berbagai sumber.

image: pexels

1. Menambah hidrasi

Hidrasi sangat penting untuk dijaga, terutama saat hamil, air kelapa memiliki kadar air paling besar, yakni 95%. Selain menyegarkan, ada banyak sekali nutrisi lain yang sangat penting untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Potensi diuretik alami

Air kelapa juga dikenal sebagai diuretik alami yang dapat meningkatkan keinginan untuk buang air kecil karena mengandung kalium serta magnesium yang bisa membantu untuk membuang racun dan membersihkan saluran air kemih.

3. Meningkatkan elektrolit

Masa kehamilan biasanya diwarnai dengan kondisi mual-mual di pagi hari. Air kelapa bisa membantu untuk menangani masalah mual tersebut karena saat mual dan muntah yang terjadi terus menerus membuat Anda membutuhkan elektrolit lebih banyak.

image: usnplash

4. Meredakan rasa mulas dan sembelit

Perubahan hormone selama masa kehamilan kerap kali membuat Anda merasakan mulas dan juga sembelit. Untuk itu, mengonsumsi air kelapa bisa membantu untuk meredakannya, mengingat terdapat kandungan serat yang cukup banyak sehingga akhirnya juga ampuh untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit.

5. Membantu pertumbuhan janin

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa air kelapa mengandung senyawa aktif biologis tertentu yang dapat memacu pertumbuhan janin. Selain itu, air kelapa juga menawarkan semua nutrisi penting untuk ibu yang dipercaya dapat membantu tumbuh kembang janin.

(AA)