Kenalan Yuk dengan Bakuchiol

Retinol memang juaranya untuk berbagai permasalahan kulit terutama anti-aging, namun bagi pemilik kulit sensitif penggunaan retinol dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan iritasi.

Kabar baiknya, kini, pemilik kulit sensitif juga bisa mendapatkan manfaat yang sama seperti menggunakan retinol yaitu dengan bakuchiol.

Dilansir dari byrdie.com, bakuchiol (dibaca ba-koo-heel) adalah kandungan dalam skincare yang natural, vegan, serta gentle. Diambil dari ekstrak daun dan biji tanaman babchi, tanaman asal India yang telah lama digunakan sebagai ramuan pengobatan untuk membantu menyembuhkan dan menenangkan kulit berkat sifat anti-inflamasi dan antibakterinya.

Baca juga  Minyak Kelapa untuk Rambut: Baik atau Buruk?
image: pexels

Apa saja manfaat bakuchiol?

  1. Meratakan warna kulit dengan memudarkan bekas jerawat dan mengurangi bitnik hitam.
  2. Mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan pada kulit.
  3. Mempercepat regenerasi kulit dengan meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengencangkan serta meberikan elastisitas pada kulit.
  4. Sebagai antioksidan untuk melindungi dari polusi dan radikal bebas.
  5. Tak hanya sebagai anti-aging, bakuchiol juga mempunya sifat anti-acne yang dapat meredakan jerawat serta meminimalisir munculnya jerawat baru.

Setelah tahu manfaatnya bisa dibilang bakuchoil ini sebagai “natural retinol”. Bakuchiol cocok untuk semua jenis kulit dan sejauh ini belum ada studi yang menyatakan bahwa bakuchiol mempunyai efek samping yang negatif. Penggunaan skincare dengan bahan bakuchiol dapat dilakukan 2X sehari saat skincare rutin pagi dan malam. Saat menggunakannya di pagi hari pastikan untuk menggunakan spf.

Baca juga  5 Tips Aplikasikan Blush On Agar Sempurna di Wajah

Scarf lover bisa menggunakan bakuchiol bersamaan dengan produk skincare lainnya, tidak seperti retinol yang pemakaiannya tidak boleh digabung dengan bahan aktif lainnya misalnya saja AHA dan BHA. Bahkan untuk bumil dan busui, bakuchiol ini juga aman digunakan, lho!

(JH)

Translate »