Kebiasaan yang Bisa Mengurangi Risiko Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu hal yang paling menakutkan dan mengkhawatirkan. Karena bisa dikatakan bahwa penyakit kanker payudara bisa berisiko pada kematian perempuan paling besar.

Untuk itulah mengapa setiap perempuan sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan payudara dengan menyadari hal-hal yang bisa menjadi salah satu gejala dari kanker payudara.

Tidak ada yang tidak mungkin, kalimat ini bisa menggambarkan bagaimana penyakit kanker payudara bisa muncul pada perempuan. Maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk bisa selalu melakukan hal-hal yang bisa mengurangi risikonya.

Mengutip laman Today, berikut ini ada beberapa kebiasaan gaya hidup yang bisa menurunkan risiko kanker payudara.

1. Pertahankan berat badan

image: freepik

Memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Hal tersebut karena sel lemak melepaskan zat termasuk estrogen, yang diduga meningkatkan risiko kanker payudara. Satu studi menemukan bahwa penurunan berat badan hanya 5 persen dapat mengurangi risiko kanker payudara dari 25 hingga 40 persen. Maka dari itu, usahakan untuk selalu mempertahankan berat badan ya, Scarf Lover.

Baca juga  Cara Terbaik Mengekspresikan Amarah

2. Olahraga secara teratur

image: freepik

Tidak hanya mengurangi risiko kanker payudara saja, namun melakukan olahraga secara rutin dan teratur bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat dan mengurangi risiko penyakit apapun.

3. Menghindari konsumsi daging merah

image: freepik

Daging merah dapat berpengaruh buruk karena dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Penelitian telah menemukan bahwa risiko kanker payudara meningkat dengan meningkatnya jumlah konsumsi daging merah. Sangat penting bagi kita untuk selalu memperhatikan apa saja yang masuk ke dalam tubuh, untuk memastikan semuanya bermanfaat.

4. Makan ikan sebagai pengganti daging

Baca juga  Viral #AgeChallenge di FaceApp, Anda Harus Berhati-hati!
image: freepik

Asam lemak omega-3 dan nutrisi lain dari ikan membantu menurunkan risiko kanker payudara. Faktanya, penelitian menunjukkan setiap bantuan minyak ikan memiliki efek.

5. Mengonsumsi serat yang cukup

image: freepik

Selalu konsumsi serat setiap hari, selain dapat membantu memperlancar pencernaan, makanan kaya serat sangat baik untuk kesehatan payudara. Penelitian telah menemukan sebanyak 5 persen penurunan risiko kanker payudara per setiap 10 gram serat yang ditambahkan ke makanan per hari.

6. Tidur yang cukup

image: unsplash

Kualitas tidur yang buruk dapat memperburuk metabolisme tubuh. Usahakan untuk selalu bisa tidur yang cukup setiap malam. Jam tidur yang kurang atau lebih tidak baik karena dapat meningkatkan riisko kanker payudara. Sangat penting untuk bisa mengatur pekerjaan agar bisa mendapatkan kualitas tidur yang cukup dan juga baik.

(AA)

Translate »