Ide Busana Syar’i untuk Pengantin Muslimah

Seiringnya berjalan waktu, konsep gaun pengantin syar’i muslimah semakin banyak peminatnya. Syar’i sendiri pun memiliki makna sebuah aturan atau ketetapan yang Allah SWT firmankan dalam Al-Qur’an dan hadits shahih.

Seperti yang tertera dalam Surat An-Nur ayat 31.

وَقُلْ لِّـلْمُؤْمِنٰتِ يَغْضُضْنَ مِنْ اَبْصَا رِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوْجَهُنَّ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَلْيَـضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلٰى جُيُوْبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِيْنَ زِيْنَتَهُنَّ اِلَّا لِبُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اٰبَآئِهِنَّ اَوْ اٰبَآءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اَبْنَآئِهِنَّ اَوْ اَبْنَآءِ بُعُوْلَتِهِنَّ اَوْ اِخْوَا نِهِنَّ اَوْ بَنِيْۤ اِخْوَا نِهِنَّ اَوْ بَنِيْۤ اَخَوٰتِهِنَّ اَوْ نِسَآئِهِنَّ اَوْ مَا مَلَـكَتْ اَيْمَا نُهُنَّ اَوِ التّٰبِعِيْنَ غَيْرِ اُولِى الْاِ رْبَةِ مِنَ الرِّجَا لِ اَوِ الطِّفْلِ الَّذِيْنَ لَمْ يَظْهَرُوْا عَلٰى عَوْرٰتِ النِّسَآءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِاَ رْجُلِهِنَّ لِيُـعْلَمَ مَا يُخْفِيْنَ مِنْ زِيْنَتِهِنَّ ۗ وَتُوْبُوْۤا اِلَى اللّٰهِ جَمِيْعًا اَيُّهَ الْمُؤْمِنُوْنَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya:

“Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali yang (biasa) terlihat. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kerudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya), kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra-putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau para perempuan (sesama Islam) mereka, atau hamba sahaya yang mereka miliki, atau para pelayan laki-laki (tua) yang tidak mempunyai keinginan (terhadap perempuan), atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan. Dan janganlah mereka mengentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertobatlah kamu semua kepada Allah, wahai orang-orang yang beriman, agar kamu beruntung.”

Baca juga  Yuk Sambangi Destinasi Wisata di Korea Selatan

Seorang muslimah memang wajib untuk menutup aurat, pun saat menikah. Untuk Scarf Lover yang akan menikah dan tengah mencari referensi busana pengantin syar’i, kami berikan referensinya.

1. Busana Pengantin ala Irna La Perle yang Sangat Menawan

image: instagram.com/irnalaperleofficial/

Bicara soal gaun pengantin muslimah, tak lengkap bila tidak memberikan rekomendasi gaun ala Irna La Perne. Anda bisa menemukan busana pengantin impian untuk hari bahagia. Anda bisa sesuaikan busana sesuai dengan keinginan dan selera. Seperti halnya rekomendasi di atas, warnanya yang soft akan semakin memancarkan aura feminine Anda.

2. Inspirasi Desain Gaun Warna Soft Pink dengan Cadar

Image: instagram.com/mnrchk_mds/

Cika Uloli seorang selebgram @cikaluloli tampil cantik mengenakan gaun berwarna pink muda. Aksen flower crown memberi nuansa elegan. Pemakaian cadar cukup dengan kain polos soft pink agar tetap seimbang antara renda-renda gaun dan hijabnya.

3. Gaun Akad Pernikahan Putih, Membuat Aura Semakin Terpancar

Image: minimalace.com

Gaun akad pernikahan ini memperlihatkan wajah berseri-seri melalui warna clean white. Scarf Lover bisa memakai hijab syar’i berbahan satin atau Anda juga bisa memberikan ide sendiri dengan aksen tambahan bros silver kecil di sisi kanan hijab sehingga memancarkan kesan anggun untuk Scarf Lover.  Konsep ide ini membuat Anda terlihat sederhana tapi tetap cantik karena balutan renda-renda pada gaun tersebut. Pemberian mahkota dan tudung kepala membuat ide busana ini bagaikan seorang ratu yang berhati mulia dan lembut.

Baca juga  Intip Kebaya Lengan Panjang yang Dipakai Jeng Yah dalam Series Netflix Gadis Kretek

4. Baju Resepsi Pernikahan Nuansa Warna Coklat yang Netral

Image: instagram.com/windusujati_purbalingga/

Perpaduan hijab coklat susu dengan sentuhan gaun beige tone. Sarung tangan putih hadir sebagai pelengkap gaun indah tersebut. Renda-renda gaun dengan kombinasi warna coklat dan putih membuat gaun terlihat manis. Mahkota dan kerudung coklat muda transparan bisa juga jadi aksesoris untuk mempercantik busana pengantin Scarf Lover, ya!

5. Ide Gaun Pengantin dengan Warna Soft Blue Memberikan Kesan Lembut dan Tenang

Image: adora.my

Berdasarkan psiklogis warna, biru muda pada umumnya memberi efek menenangkan. Apalagi jika gaunnya ditambahkan jahitan bordir bermotif bunga berwarna putih di beberapa area. Scarf Lover juga bisa mengaplikasi style hijab elegant flowly yang membuat gaun tampak lebih formal di hari pernikahan. Jangan lupa juga untuk menerapkan lekukan pada bagian tepi gaun supaya gaun semakin mempesona.

6. Gaun Kebaya Batik Pengantin Muslimah Syar’i yang Anti-Mainstream

Image: bridestory

Gaya busana pengantin dengan kearifan lokal ini memang masih terbilang sedikit untuk diadopsi. Akan tetapi, konsep seperti ini di sisi lain dapat melestarikan budaya Indonesia yaitu Batik. Gaun ini didominasi dengan corak batik dan motif gold swirl yang memberikan kesan mewah. Make-up bold  bisa jadi pilihan Anda agar senada dengan konsep gaun.

(BR)

Translate »