Dibalik Kemegahan Masjid Ramlie Musofa

Di Jakarta, terdapat sebuah masjid unik yang memiliki bangunan layaknya seperti Taj Mahal di India, namanya Masjid Ramlie Musofa. Masjid ini belokasi di Jalan Danau Sunter Raya Selatan Blok I / 10 No.12C – 14A. Masjid yang diresmikan sejak tahun 2016 ini didirikan oleh keluarga H. Ramli Rasidin. Kalau Taj Mahal melambangkan rasa cinta Raja Shah Jehan pada sang istri Mumtaz Mahal, Masjid ini melambangkan rasa cinta Ramli Rasidin kepada agama Islam.

Tidak hanya melambangkan rasa cintanya pada Agama, H. Ramli Rasidin juga menunjukkan rasa cintanya pada keluarga dalam bentuk pemberian nama pada sang Masjid. Dimana nama Masjid Ramlie Musofa sendiri merupakan singkatan nama Ram= Ramli Rasidin, Lie=Lie Njoek Kim (nama sang istri), Mu= Muhammad Rasidin, So=Sofian Rasidin dan Fa=Fabianto Rasidin (ketiga nama anaknya).

Baca juga  5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Untuk Anti Aging

Ramli Rasidin adalah seorang beretnis China asal Aceh yang merantau ke Jakarta, dan mulai memeluk agama Islam sejak usianya 19 tahun. Menginginkan adanya toleransi dalam beragama, dibangunlah masjid ini. Karena baginya Indonesia berdiri berdasarkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

Sejak memeluk agama Islam, ia bermimpi suatu saat nanti ia akan mendirikan sebuah masjid yang indah dengan unsur pencampuran budaya, disertai dengan ornament yang megah. Setelah kurang lebih 40 tahun, mimpi itu pun akhirnya terwujud. Ia pun menginginkan masjid ini akan tetap dikenal selamanya, seperti layaknya Taj Mahal, dan dipenuhi jamaah sepanjang masa.

Baca juga  Yuk Sambangi Destinasi Wisata di Korea Selatan

Menunjukkan adanya unsur pencampuran budaya, masjid ini dipenuhi dengan banyak ukiran dari 3 Bahasa yakni Mandarin, Indonesia dan Arab. Di tempat wudhunya pun terdapat ukiran dinding tentang tata cara melaksanakan wudhu yang benar. Tujuan utamanya selain beribadah, juga untuk membimbing para mualaf yang baru saja masuk Islam.

Bukan hanya itu, masjid ini juga dilengkapi dengan lift untuk memudahkan para jamaah yang menyandang disabilitas, agar tetap mampu melaksanakan ibadahnya dengan baik.

Mungkin masjid ini bisa untuk dijadikan destinasi libur akhir pekan pilihan kalian nih Scarf Lover, karena bukan hanya dapat menjalankan ibadah, mata anda pun akan dimanjakan dengan pemandangan yang ada di masjid ini.

(GT)

Translate »