Cegah Covid-19, 11 Masjid di Inggris Dilarang Solat Berjamaah

Upaya pencegahan penyebaran varian baru covid-19, 11 Masjid di Distrik Inggris melarang sholat berjamaah. Tindakan tersebut dilakukan mulai tanggal 8 Januari 2021 untuk 11 masjid di Pendle, Inggris.

Dilansir dari Ihram.co.id, Direktur Kesehatan Masyarakat Lancashire mengirim surat yang berisi pesan ke tempat-tempat ibadah agar tutup selama lockdown guna melindungi komunitas. Permintaan tersebut didukung Kelompok Kohesi Komunitas dan Keyakinan Lancashire.

“Sebagai Direktur Kesehatan Masyarakat yang mewakili Lancashire, kami sangat menyarankan semua komunitas agama untuk menghentikan doa dan ibadah komunal selama periode lockdown, untuk mengurangi kemungkinan penyebaran varian Covid yang baru. Kami menyadari bahwa ini adalah permintaan besar, tetapi ini akan membantu melindungi komunitas kami pada tahap kritis pandemi ini.” ujarnya.

Baca juga  Yusril Ihza Mahendra Jadi Pengacara PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk

Keputusan tersebut didasari pada peningkatan jumlah kasus Covid-19 di Lancashire, dan juga peningkatan jumlah korban meninggal dunia. Maka dari itu seluruh warga diminta untuk melakukan ibadah dari rumah.

“Ibadah komunal belum dilarang di bawah lockdown yang baru, tetapi kami tahu bahwa ada risiko infeksi yang signifikan, karena orang-orang bersosialisasi sebelum dan sesudah ibadah. Kami tahu bahwa banyak orang yang dites positif Covid tidak menunjukkan gejala apa pun. Selama 10 bulan terakhir, kami tahu bahwa telah terjadi gangguan signifikan pada ibadah dan perayaan yang biasa dilakukan orang.”

Baca juga  6 Warna Hijab yang Harus Dimiliki Hijabers

Surat tersebut menambahkan, bahwa varian baru virus corona meningkatkan angka selama tujuh hari lebih dari 250 persen di beberapa wilayah Otoritas Lokal di Barat Laut, dan hingga 70 persen lebih menular.

Peningkatan risik penularan baru ini akan membutuhkan tingkat yang jauh lebih tinggi dari pengendalian infeksi dan kepatuhan. Hal itu guna mencapai tingkat keamanan yang sama seperti tindakan pencegahan sebelumnya.

(IK)

Translate »