Cara Jaga Kesehatan Paru-paru di Tengah Pandemi

Di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum usai, menjaga kesehatan semakin menjadi hal yang utama.

Covid-19 dikenal bisa sangat berbahaya, bahkan sampai meregang nyawa. Virus tersebut dapat menyebabkan efek yang sangat merusak organ tubuh, seperti jantung, ginjal, system saraf dan juga paru-paru.

Efek dari Covid-19 pun beragam, namun yang paling umum memang menyerang paru-paru, membuat para pasiennya menjadi sesak bernapas. Ada yang gejalanya ringan hingga berat.

Covid-19 tidak pandang bulu, bisa menyerang siapa saja. Mengingat masalah pernapasan menjadi concern utama virus ini. Gangguan pada paru-paru dapat menyebabkan komplikasi seperti pneumonia hingga sindrom gangguan pernapasan akut atau ARDS untuk kasus yang paling parah. ARDS merupakan suatu bentuk gagal paru-paru dan dapat berakibat fatal.

Baca juga  Mengenal 6 Jenis Tanaman Pangan Masa Depan

Maka sangat penting untuk selalu menjaga kesehatan paru-paru mulai dari sekarang.

Berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti yang dikutip dari laman timesnownews.com.

1. Rutin olahraga

image: freepik

Olahraga dapat membuat jantung dan paru-paru menjadi lebih sehat dan kuat sehingga senantiasa menjaga kondisi Anda tetap prima. Buat jadwal olahraga di waktu senggang, tidak perlu terlalu lama, minimal 30 menit dalam sehari. Anda bisa jalan kaki keliling komplek, berlari kecil, bersepeda, bahkan berenang. Lakukan kegiatan yang ringan namun banyak manfaat.

2. Selalu latihan bernapas

image: pexels

Latihan nafas panjang dalam-dalam snagat bermanfaat bagi kesehatan paru-paru karena dapat menciptakan pertukaran oksigen secara penuh. American Lung Association setuju bahwa berlatih latihan pernapasan dalam dapat membuat paru-paru Anda lebih efisien. Melakukan latihan pernapasan dalam juga akan mengurangi stres dan kecemasan.

Baca juga  Syarat Penumpang Penerbangan Internasional di Masa Pandemi Hingga 8 Februari 2021

3. Mengonsumsi makanan yang baik

Image: pixabay

Selalu rutin mengonsumsi makan-makanan yang sehat untuk menciptakan kondisi tubuh yang selalu sehat. Kandungan nutrisi baik yang masuk ke dalam tubuh tentu akan membuat seluruh organ juga tetap sehat. Jangan lupa pastikan 4 sehat 5 sempurnanya ya, Scarf Lover.

4. Hindari rokok

image: pexels

Tidak hanya saat masa Covid-19, merokok juga sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk bagi kualitas paru-paru. Untuk itu, hindari rokok demi mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

(AA)

Translate »