Awal Tahun 2021, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dapat Dukungan Penuh dari Kemenparekraf

Gerakan Bangga Buatan Indonesia kembali diluncurkan pada tahun 2021. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno siap mendukung hal tersebut. Gerakan ini memiliki tujuan agar seluruh masyarakat bisa ikut bangga dengan memakai produk hasil karya anak bangsa.

Peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021 ini diselenggarakan secara hybrid dari andara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Mengutip laman resmi Kemenparekraf, Sandiaga Uno sangat mengapresiasi pada seluruh pihak yang ikut menyelenggarakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Karena menurutnya kegiatan tersebut adalah wujud nyata antara pemerintah dan juga pihak swasta dalam usaha untuk meningkatkan kesejahteraan perlaku UMKM.

“Gerakan ini sebagai bentuk kampanye nasional dalam mendorong pelaku UMKM untuk go digital, serta lebih meningkatkan kehadiran produk-produk lokal yang inovatif dan memiliki daya saing tinggi dengan memaksimalkan kearifan lokal sebagai ciri khas.” ujar Sandiaga.

Baca juga  Ibis Style Hotel Bogor Raya Mengadakan Stylish Family Run Sebagai Perayaan Ulang Tahun Yang Ke Tiga
image: kemenparekraf.go.id

Sudah banyak sekali UMKM yang tergabung dalam program Bangga Buatan Indonesia, di tahun 2020 sudah terdapat 3,4 juta UMKM yang ikut bergabung. Tentunya diharapkan tiap tahun akan semakin bertambah agar lebih banyak lagi produk-produk lokal yang dihasilkan.

Tahun lalu Kemenparekraf membuat sebuah program yakni Beli Kreatif Lokal yang bertujuan untuk mengajak masyarakat lebih menghargai dan juga mencintai produk lokal. Program ini memberikan banyak pendampingan bagi UMKM untuk meningkatkan banyak hal.

Bicara soal dampak, ada banyak dampak yang dirasakan, diantaranya para UMKM bisa memiliki peningkatan kapasitas daya saing sehingga mereka bisa lebih meningkaykan produk-produk yang punya kualitas dan juga nilai tinggi.

Baca juga  Otot yang Akan Dilatih Saat Anda Bersepeda

Sandiaga menyebut bahwa program Beli Kreatif Lokal akan terus diperluas.

Turut hadir pula dalam peluncuran Gernas BBI 2020, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Pandjaitan yang menyampaikan semangatnya pada gerakan ini.

“Kita melihat kemajuan dari setahun yang lalu, produk UMKM kita semakin baik. Ragam produk pilihan UMKM mengubah mindset kita terhadap produk Indonesia yang nyatanya memiliki kualitas premium dan membanggakan. Bangga menggunakan produk lokal adalah bentuk perjuangan bangsa kita pada saat ini,” kata Luhut.

Selain itu Luhut juga berpesan agar masyarakat bisa saling membantu para tenaga UMKM agar ke depannya bisa menghasilkan produk-produk yang berkualitas.

Translate »