5 Khasiat Baik Daun Kelor Bagi Kesehatan

Daun kelor atau dalam bahasa inggris disebut Moringa Oleifera merupakan salah satu suku anggota tumbuhan berbunga (Moringaceae) yang berasal dari India Utara.

Daun kelor memiliki banyak sekali khasiat atau manfaat karena sangat kaya akan antioksidan dan senyawa tanaman bioaktif.

Seperti yang dilansir dari healthline.com, inilah 5 khasiat baik daun kelor yang telah diteliti secara ilmiah oleh para ilmuan.

image: pixabay

1. Mempunyai Banyak Nutrisi

Hampir keseluruhan bagian pohonnya dapat dimakan atau dijadikan ramuan obat ramuan herbal tradisional. Selain itu daun kelor juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Bahkan satu cangkir daun kelor yang dicincang segar sudah mengandung khasiat nutrisi seperti:

  • Protein: 2 gram
  • Vitamin B6: 19% dari RDA
  • Vitamin C: 12% dari RDA
  • Besi: 11% dari AKG
  • Riboflavin (B2): 11% dari RDA
  • Vitamin A (dari beta-karoten): 9% dari RDA
  • Magnesium: 8% dari RDA

2. Kaya Akan Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa di dalam tubuh yang bekerja melawan dan menangkal radikal bebas. Jika tubuh Anda kadar radikal bebasnya tinggi maka dapat menyebabkan stres oksidatif, yang terkait dengan penyakit kronis seperti jantung dan diabetes tipe 2. Selain vitamin C dan beta karoten, beberapa senyawa tanaman antioksidan juga ditemukan di daun kelor ini, seperti Quercetin yaitu antioksidan yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan Asam Klorogenat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah setelah makan. Kemudian ekstrak daun kelor juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan, lho, Scarf Lover.

3. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat lainnya ialah daun kelor dapat menurunkan kadar gula darah. Gula darah yang tinggi diketahui bisa menjadi masalah kesehatan yang serius, gula darah tinggi merupakan ciri utama penyakit diabetes, yang lebih parah, dapat menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, mengonsumsi dauh kelor dengan cara yang tepat bisa membantu mengurangi tinggi kadar gula darah dalam tubuh Anda.

4. Mengurangi Peradangan

Peradangan adalah respon alami tubuh terhadap infeksi atau cedera. Jika dibiarkan terus menerus akan tambah parah, misalnya muncul penyakit kronis seperti kanker. Jika Faktanya, peradangan berkelanjutan dikaitkan dengan banyak masalah kesehatan kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Menurut ilmuan, daun kelor memiliki senyawa anti-inflamasi yang dikandungnya, utamanya dalam daun, polong, dan biji kelor.

5. Bermanfaat Menurunkan Kolesterol

Bagi Anda penikmat makanan berminyak dan berlemak, harus hati-hati dalam mengontrol makanan Anda karena jika dibiarkan akan menyebabkan kolesterol, jika sudah parah akan menyebabkan gagal jantung. Nah, daun kelor ini dipercaya memiliki efek penurun kolesterol yang serupa seperti biji rami, gandum dan almond.

(AR)