5 Keutamaan Ibadah Solat Hajat

Manusia sebagai makhluk Allah SWT pasti mempunyai keingingan dan harapan dalam hidupnya, baik itu keinginan yang di akhirat nanti agar mendapat surga Allah SWT maupun keinginan-keinginan duniawi. Namun, untuk mendapatkan hal-hal tersebut, Scarf Lover dianjurkan untuk selalu memohon dan meminta kepada Allah SWT dan tentunya bekerja keras untuk bisa mendapatkannya.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan menunaikan ibadah solat  sunnah hajat. Solat hajat ini dilakukan apabila Anda memiliki tujuan dan ingin cepat dikabukan, namun tentunya harus dilakukan dengan istiqomah, sabar, serta niat yang lurus karena Allah SWT, seperti yang sudah dikatakan dalam surat Al-Baqarah ayat 153.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Dilansir dari University of Darussalam Gontor, keutamaan solat sunnah hajat adalah sebagai berikut:

Mempermudah Terkabulnya Doa

Salah satu keutamaan dan manfaat dari solat hajat yang paling utama ialah agar segala doa-doa dan keinginan Anda dipermudah dan dikabulkan oleh Allah SWT yang Maha menciptakan segala sesuatu.

Baca juga  Jaminan Surga Bagi Orang Tua yang Mendidik Anak dengan Baik

Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Beribadah dengan cara solat sudah menjadi kewajiban Anda sebagai umat muslim, begitu juga dengan solat hajat, hal tersebut merupakan cara yang terbaik untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Terhindar Dari Kesulitan dan Marabahaya

Menjalankan solat wajib lima waktu memang sudah menjadi kewajiban bagi umat Islam, namun apabila ditambah dengan soolat sunnah lainnya seperti solat hajat, maka akan membuat Anda terhindar selalu dari segala kesulitan dan marabahaya.

Meningkatkan Ketaqwaan

Sama dengan bentuk ibadah lainya, bahwa ibadah yang Anda laksanakan merupakan bentuk ketaatan atau ketaqwaan Anda terhadap Allah SWT.

Mendapatkan Surga Allah SWT

Jika mengerjakan solat hajat dengan baik dan bersungguh-sungguh, maka Anda akan mudah mendekati pintu surga, karena dengan melaksanakan solat hajat ini secara tidak langsung Anda juga taat dalam melaksanakan perintah dan Allah SWT.

Baca juga  5 Rekomendasi Olshop Menjual Alat Makan Kayu Terbaik!

Adapun berikut adlaah doa setelah menunaikan solat hajat yang bisa dibaca.

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ سُبْحَانَ اللَّهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَ تَدَعْ لِى ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Tiada Ilah Tidak kecuali Allah, Yang Maha Santun lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Rabb Arsy yang agung. Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang menyebabkan memperoleh rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu keperluan melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang” (HR. Tirmidzi)

(AR)

Translate »