Tips Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah

823

Kacamata tidak hanya berguna untuk menjadi alat bantu mata saja, namun kacamata juga berfungsi untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet serta untuk menjadi aksesoris tambahan untuk penampilan Anda.

Tidak hanya pakaian saja yang perlu disesuaikan dengan bentuk badan, ternyata memilih kacamata pun juga perlu menyesuaikan dengan bentuk wajah.

image: pexels

Untuk itu, Anda perlu memilih bentuk bingkai kacamata sesuai dengan bentuk wajah Anda. Anda perlu mengetahui bentuk wajah Anda untuk menentukan mana kacamata yang tepat untuk Anda pakai. Simak tips memilih bentuk kacamata sesuai wajah dibawah ini!

image: 123rf.com

1. Wajah Segitiga

Jika Anda memiliki bentuk wajah segitiga, pilihlah bingkai kacamata dengan bagian atas yang lebih lebar dibandingkan bagian bawahnya. Anda bisa memilih jenis bingkai half frame, karena hal ini dapat meminimalkan lebar dagu Anda dan dapat menyeimbangkan sisi atas dengan bagian bawah wajah Anda. Anda perlu menghindari untuk memilih kacamata dengan gagang yang lebar.

2. Wajah Oval

Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah oval, bersyukurlah karena bentuk kacamata apapun akan cocok diwajah Anda. Anda hanya perlu memerhatikan ukuran lensanya saja, jika Anda memiliki bentuk wajah yang kecil, jangan pilih model yang oversized agar wajah Anda tidak ‘tenggelam’ karena kacamata.

3. Wajah hati/Heart

Untuk Anda yang memiliki bentuk wajah hati dengan ciri-ciri bagian dahi lebar dan tulang pipi atau bagian rahan menyempit, sebaiknya Anda memilih bentuk bingkai kacamata dengan bagian bawahnya yang tebal. Atau Anda bisa memilih bingkai kacamata frameless. Pemilihan bentuk bingkai kacamata ini akan membuat dahi dan rahang Anda seimbang dan meminimalkan lebar pada dahi.

4. Wajah Bulat

Kacamata dengan bingkai persegi menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang memiliki bentuk wajah bulat. Dengan bentuk kacamata persegi ini maka akan membuat wajah Anda kelihatan lebih panjang.

Bingkai kacamata yang bulat dan melengkung perlu Anda hindari, karena akan membuat wajah Anda semakin bulat.

5. Wajah Kotak

Kebalikan dari pemilik wajah bulat, untuk Anda yang memiliki bentuk wajah kotak, Anda sebaiknya memilih bentuk kacamata dengan bingkai yang oval atau bundar. Dengan bentuk tersebut maka akan memberikan kesan garis lengkung pada wajah. Anda juga dapat memilih frame yang tipis agar wajah Anda tidak terlihat padat.

6. Wajah Berlian

Pemilik wajah dengan bentuk berlian biasanya bagus dengan bingkai kacamata yang bagian atasnya lebih lebar daripada bagian bawahnya. Kacamata berbentuk oval atau frameless juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda yang memiliki wajah berlian. Hindari memilih kacamata tipis, sempit, dan bersudut.

Itulah beberapa bentuk wajah dan bagaimana cara memilih kacamata berdasarkan bentuk wajah. Mulai dari sekarang jangan salah pilih bentuk bingkai kacamata lagi ya, Scarflover! (HV)