Perbedaan Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen dan Swab PCR Test

Melihat jumlah kasus positif Covid-19 di Indonesia yang masih mengalami naik turun, membuat pemerintah memperketat sejumlah aturan, terutama menjelang libur hari natal dan tahun baru.

Beberapa kebijakan muncul untuk melampirkan hasil surat negatif, diantaranya bisa dari Rapid Test Antibodi, Rapid Test Antigen hingga bahkan Swab PCR Test.

Nama Rapid Test Antigen ini bisa dikatakan tergolong samar di tengah masyarakat, karena dari awal biasa hanya mengenal Rapid Test Antibodi dan Swab PCR. Bahkan, hasil negatif Rapid Test Antigen sendiri saat ini menjadi beberapa syarat untuk melengkapi berkas.

Tentunya ketiga hal tersebut memiliki perbedaan, dari mulai cara kerja sampai durasi pengerjaannya.

Mengutip laman covid19.go.id, berikut adalah perbedaan diantaranya:

image: unsplash

Rapid Test Antibodi

Bisa dikatakan bahwa Rapid Test Antibodi ini adalah tes pertama yang bisa dilakukan seseorang untuk setelahnya memastikan apakah harus melakukan tes lanjutan atau tidak. Rapid Test Antibodi menggunakan sampel darah yang kemudian dicek untuk melihat tingkat antibodi dalam darah.

Baca juga  Resep Kentang Mustofa Kriuk Anti Melempem!

Prosesnya sangat cepat alias tidak memakan waktu, hanya sekitar 5-10 menit. Harga yang ditawarkan pun paling murah dibanding yang lainnya.

Rapid Test Antigen

Nama Rapid Test Antigen ini mungkin belum lama terdengar, namun untuk beberapa keperluan, saat ini lebih sering membutuhkan tes yang satu ini. Rapid Test Antigen menggunakan sampel swab nasal/nasofaring yang mana disesuaikan dengan jenis antigen yang digunakan.

Adapun target yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil akhir adalah materi genetik/protein spesifik dari virus yang ada di dalam tubuh seseorang. Jangka waktu untuk mendapatkan hasil testnya tidak terlalu lama, hanya sekitar 30 menit.

Baca juga  Berenang Dan Segala Manfaatnya Untuk Tubuh

Swab PCR Test

Terakhir adalah Swab PCR Test. Pasti Scarf Lover sudah tidak asing lagi dengan nama yang satu ini, karena sejak kemunculan Covid-19, hal ini sering disebutkan, bila hasil Rapid Test Antibodi Reaktif, bisa dilanjut dengan menggunakan Swab PCR Test untuk memvalidasi.

Tes yang satu ini memakan waktu cukup lama, bisa sekitar 1-2 hari tergantung dimana tempat pemeriksaannya. Sampe yang digunakan adalah swab nasofaring dan swab tenggorokan/orofaring dan target deteksinya adalah materi genetic (DNA dan RNA) dari virus SARS-COV-2. Dari sini bisa terlihat apakah Anda terinfeksi virus Covid-19 atau tidak. Bicara soal biaya, Swab PCR Test memiliki harga yang paling tinggi diantara kedua test lain.

(AA)

Translate »