Manfaat Daun Sirsak Beserta Efek Sampingnya

Sirsak merupakan salah satu jenis buah berdaging putih. Buah ini berasal dari Amerika Tengah dan kini cukup populer di Indonesia. Buah sirsak kaya nutrisi dan bermanfaat bagi kesehatan. Daun sirsak memiliki kandungan acetogenin yang merupakan senyawa aktif guna membunuh racun dalam tubuh. Actogenin akan menghambat pertumbuhan ATP (Adenosina trifosfat) yang merupakan sumber energi perkembangan sel kanker.

Namun tak hanya daging buahnya, daun sirsak pun berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan, banyak orang yang memetik manfaat daun sirsak untuk mengatasi berbagai penyakit, terutama menurunkan tekanan darah tinggi. Inilah beberapa manfaat daun sirsak dan efek sampingnya bagi kesehatan.

Baca juga  5 Tips untuk Membantu Bayi Anda Tidur Sepanjang Malam

1. Mencegah Kanker

Daun sirsak dipercaya mampu mengatasi berbagai jenis kanker lainnya termasuk kanker prostat, paru-paru, dan payudara. Anda perlu meminum air rebusan daun sirsak setiap pagi selama satu bulan.

2. Mengobati TBC

TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang paru-paru. Kuman TBC yang ditularkan melalui udara dan dari satu orang ke orang lain. Namun TBC bisa diobati dengan daun sirsak. Dengan mengonsumsi daun sirsak secara rutin, Anda bisa mematikan semua bakteri penyebab TBC. Tetapi Anda juga perlu menyeimbanginya dengan obat dokter selama enam bulan.

3. Menyembuhkan Tumor dan Kista

Baca juga  Kesalahan Ini Bisa Merusak Base Makeup Anda

Daun sirsak cukup efektif dalam menghambat pertumbuhan bakteri, virus, parasit dan perkembangan tumor. Daun sirsak memiliki senyawa antioksidan yang berfungsi sebagai antitumor dan antikanker. Daun ini sangat dianjurkan bagi Anda yang memiliki gejala atau penyakit tumor.

Namun, Daun ini sangat tidak dianjurkan bagi seseorang yang memiliki kriteria berikut :

1. Tengah menjalani pengobatan untuk diabetes

2. Memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah

3. Hendak menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir (nuclear imaging)

4. Menderita penyakit Parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati

Itulah tadi semoga artikel ini menambah wawasan Anda Scarflovers.

Translate »