Berapa Kali Waktu yang Tepat untuk Mencuci Wajah?

Tidak hanya untuk skincare addict saja, pasti semua orang sudah mengetahui seberapa penting mencuci wajah karena untuk memastikan kulit terbebas dari kotoran, debu dan minyak menempel terutama saat setelah selesai beraktivitas.

Setelah selesai beraktivitas, sangat penting untuk menggunakan double cleansing, apalagi bagi Scarf Lover yang selalu menggunakan makeup. Singkatnya, double cleansing adalah proses pembersihan wajah sebanyak dua kali.

Tahap pertama adalah menggunakan micellar water, cleasning oil atau cleansing balm yang kemudian dilanjut dengan menggunakan face wash.

Jika Anda selalu malas dan akhirnya melewati proses pembersihan wajah, jangan kaget bila tiba-tiba muncul masalah kulit seperti jerawat, komedo dan juga tekstur yang kasar.

Banyak orang yang memiliki obsesi terhadap kebersihan justru selalu mencuci wajahnya terlalu sering. Akan tetapi, sebenarnya berapa kali waktu yang tepat untuk mencuci wajah?

Melansir laman Allure, berapa kali seharusnya mencuci wajah masih ada banyak sekali pendapat. Sebenarnya, beberapa ahli mengatakan bahwa pagi hari tidak harus mencuci wajah karena sebenarnya tidak ada yang perlu dibersihkan seperti makeup atau sunscreen.

“Tidak perlu membasuh wajah kita di pagi hari karena tidak ada yang perlu dihapus seperti riasan atau tabir surya. Minyak alami yang dihasilkan tubuh kita baik untuk kulit kita – ini memberikan penghalang pertahanan pertama untuk faktor eksternal hari itu.” ujar Ahli Kecantikan dan Pendiri Monastery Skin Care.

Baca juga  Bantu Redakan Kemerahan, Ini Manfaat Propolis Untuk Kecantikan

Namun hal tersebut masih menjadi perdebatan, sebagaimana yang dikatakan oleh Dokter Kulit pendiri Dr. Loretta Skin Care, bahwa pembersihan wajah dua kali sehari bisa menghilangkan poluasi dan iritasi yang menempel pada kulit.

“Pembersihan dua kali sehari menghilangkan polutan dan iritasi yang terpapar kulit kita 24/7 – bahkan saat kita tidur. Polusi dalam ruangan, minyak, dan iritasi yang menumpuk di sarung bantal Anda sebagai alasan mengapa Anda ingin mencuci muka di pagi hari”

Baca juga  5 Rekomendasi Acne Patch, Hempas Jerawat Seketika

Namun Scarf Lover tak perlu bingung, karena tentu semua hal tersebut kembali pada kebutuhan kulit. Terdapat sebuah tips yang bisa Anda lakukan, apabila saat bangun tidur wajah terasa kering, Anda bisa mencoba untuk melewati proses pembersihan wajah menggunakan face wash. Karena salah satu alasan Anda selalu mencuci wajah di pagi hari karena merasa tidak nyaman dengan kondisi wajah yang terlalu berminyak, bukan?

Perlu diperhatikan bahwa yang terpenting adalah jangan sampai wajah mengalami overwashing atau terlalu sering membersihkan wajah karena akan membuat kulit menjadi kering dan akhirnya iritasi dan menimbulkan masalah baru.

Kalau Scarf Lover, berapa kali mencuci wajah dalam sehari? (AA)

Translate »