5 Hal untuk Atasi Quarter Life Crisis

Tentu semua orang pernah mendengar adanya quarter life krisis. Quarter life crisis ini merupakan sebuah keadaan yang biasa dialami oleh tiap orang saat menginjak usia 20an atau awal 30an. Pada saat itu, orang-orang mulai cemas memikirkan tentang masa depan, pencapaian karir atau hal-hal lainnya.

Hati Anda selalu dipenuhi rasa cemas dan ragu untuk melangkah, terutama saat melihat kesuksesan orang lain dan membuat Anda semakin terpacu untuk menggapainya. Para milenial menganggapnya dengan istilah quarter life crisis. Melansir Life Hack, fase tersebut biasanya ditandai dengan ciri-ciri sebagai berikut.

image: pexels
  1. Selalu merasa gelisah
  2. Frustasi
  3. Ketidakpuasan terhadap hal apapun
  4. Merasa hidup seolah-olah tidak punya tujuan
  5. Selalu ada ragu tentang pilihan dan tujuan hidup

Perasaan ini tentu harus dilawan karena jika berlarut-larut akan menyebabkan depresi karena putus asa.

Simak beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi quarter life crisis.

image: pexels

1. Cari tahu hal-hal yang membuat Anda bersemangat

Daripada terus bergelut dengan pemikiran negatif, lebih baik untuk mencari tahu hal-hal yang membuat Anda bersemangat menjalani hidup. Hal tersebut dapat membuat pikiran menjadi jernih dan bisa menghilangkan keraguan untuk melakukan sesuatu. Fokus pada hal yang akan dicapai agar Anda bisa selalu bersemangat mencapai impian.

Baca juga  7 Rekomendasi Tas Minimalis yang Unik dan Kekinian

2. Detoks pikiran Anda

Pikiran akan jadi kacau bila terus-terusan memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak akan terjadi. Pikiran yang negatif hanya akan membuat hari menjadi lebih suram dan depresi. Sebaliknya, detoks pikiran Anda dengan membuang jauh-jauh pikiran negatif dengan cara menonton film favorit, membaca buku, mendengarkan lagu atau hal-hal positif lainnya.

3. Punya tanggung jawab pribadi

Tanamkan tanggung jawab pada diri sendiri. Ini tips penting untuk menjalani quarter life crisis. Kebahagiaan Anda adalah tanggung jawab Anda, jadi Anda yang harus mewujudkannya. Punya tanggung jawab artinya sudah bersedia menerima segala risiko yang dikerjakan. Hasil akhir tergantung dari apa yang dikerjakan. Jika suatu saat Anda merasa lelah dan ingin menyerah, selalu ingat bahwa Anda punya tanggung jawab yang harus dipenuhi, sehingga Anda menjadi jauh lebih bersemangat.

Baca juga  Mengenal Glass Skin, Tren Kulit Terbaru Yang Akan Populer di 2019!

4. Pilih tujuan dan nikmati perjalanannya

Quarter life crisis biasa terjadi karena Anda tidak punya tujuan atau goals yang jelas. Maka dari itu, atur goals Anda mulai dari sekarang. Kerjakan apapun yang menjadi tanggung jawab Anda, lakukan hal Anda suka dan nikmati proses perjalanannya. Proses akan terasa sangat berharga saat Anda bisa mencapainya. Pada saat Anda sudah punya nilai-nilai yang dipegang, tentu akan lebih mudah untuk mengidentifikasi ke arah mana Anda ingin pergi.

5. Letakkan hidup di tangan Anda

Kesuksesan bisa dicapai jika Anda mau berusaha. Rencakan sesuatu dengan sedetail mungkin, dari mulai pekerjaan, rencana bisnis, pernikahan hingga rencana hari tua. Dengan demikian Anda bisa jauh lebih bersemangat dalam bekerja untuk mencapai itu semua. Hanya Anda yang tahu segi kebahagiaan Anda. Buat skala prioritas untuk segala hal agar Anda bisa selalu menyesuaikannya.

Percaya bahwa semua orang punya waktunya masing-masing. Sekarang tergantung bagaimana kita menjalaninya. (AA)

Translate »