10 Kiat Tepat Lawan Monday Blues

Bagi kebanyakan orang, hari Senin adalah hari yang mengerikan, pasti Scarf Lover juga ada yang merasa demikian bukan? Hari Senin sering dianggap waktu yang membuat stres untuk memulai hari di awal minggu. Karena tentu ada banyak sekali pekerjaan yang tertunda kala libur.

Perasaan cemas, kesal, sedih dan stres di hari Senin sering disebut dengan Monday Blues. Mengutip laman Forbes, Monday Blues menggambarkan sebuah perasaan negatif di hari Senin. Perasaan ini sering muncul setiap minggu dan terkadang kerap menjadi lebih parah.

Bila Anda selalu mengalami Monday Blues, berikut ada 10 cara melawannya.

image: pexels

1. Cari tahu permasalahannya

Jika setiap Senin Anda selalu mendapatkan Monday Blues, maka perlu dipertanyakan. Cari tau apa permasalahannya. Bisa jadi Anda memang tidak merasa nyaman di tempat kerja tersebut karena rekan kerja yang tidak bersahabat atau alur kerja yang tidak jelas, maka mungkin saja Anda perlu mencari suasana baru.

2. Persiapkan kebutuhan hari Senin pada hari Jumat

Agar pikiran tidak terlalu menumpuk di Senin pagi, usahakan untuk selalu mempersiapkannya di hari Jumat. Selesaikan semua pekerjaan di hari Jumat, maka saat Senin pagi tidak perlu terlalu merasa stres. Jangan pernah menunda pekerjaan karena hanya akan memberi beban pada diri Anda.

Baca juga  Manfaat yang Bisa Didapat dari Melakukan Solo Traveling

3. Buat daftar hal-hal yang kita sukai

Ubah suasana menjadi lebih menyenangkan. Pada saat Minggu malam, buat catatan mengenai hal-hal yang menyenangkan untuk satu minggu ke depan. Hal ini dianggap jitu karena akan mengubah suasana hati menjadi lebih bersemangat dan pikiran lebih positif.

4. Jauhkan diri dari ponsel selama akhir pekan

Di akhir pekan, usahakan untuk tidak memegang ponsel atau mengecek email dan pesan yang masuk perihal pekerjaan. Saat selesai bekerja di hari Jumat, kosongkan waktu dan pikiran Anda untuk bersantai hingga nanti Senin pagi, mood tentu akan jauh lebih positif. Berbeda apabila Anda masih mengecek pekerjaan saat libur, di waktu senin pagi Monday Blues akan jauh lebih terasa dan membuat Anda frustasi karena merasa waktu libur digunakan untuk bekerja.

5. Tidur yang cukup

Biasakan untuk tidur lebih awal di Minggu malam. Mengapa? Karena dengan beristirahat yang cukup pada Minggu malam akan membuat tubuh terasa lebih segar dan bisa menerima pekerjaan di Senin pagi.

image: pexels

6. Gunakan pakaian terbaik

Saat Senin pagi, gunakan pakaian terbaik yang membuat Anda merasa nyaman dan bersemangat untuk siap menjalani hari. Pakaian favorit Anda akan membantu untuk mengembangkan kepercayaan diri Anda di tempat kerja. Buat diri Anda merasa baik agar orang lain juga akan berpikir demikian.

Baca juga  Tips Tetap Bisa Makan Pedas Saat Harga Cabai Meroket!

7. Berpikir positif

Jauhkan pikiran negatif di pikiran Anda saat Senin pagi. Yakinkan diri Anda untuk bisa melewati hari ini dengan lancar tanpa gangguan. Selalu berdoa setiap melakukan apapun, lalu jangan lupa untuk bersyukur dengan segala hasilnya.

8. Jangan padatkan jadwal di hari Senin

Memadatkan jadwal memang terlihat akan membuat pekerjaan jadi jauh lebih cepat selesai. Namun justru akan membuat Anda frustasi. Beri jarak dari pekerjaan satu ke pekerjaan lainnya untuk meminimalisir adanya Monday Blues.

9. Buat suasana menyenangkan di tempat kerja

Luangkan waktu untuk mengobrol dengan teman kerja saat istirahat dan makan siang. Buat suasana lebih menyenangkan agar hari Senin Anda tidak terasa terlalu berat.

10. Buat rencana selepas kerja

Daripada hanya merasa tersiksa di hari senin, lebih baik buat rencana setelah pulang kerja. Misalnya, Anda ingin menonton film selepas kerja, atau makan malam bersama keluarga di restoran favorit. Hal ini dapat menjadi acuan Anda untuk bisa melewati hari Senin dengan penuh semangat.

(AA)

Translate »