Yuk Ketahui Perbedaan Gerd-Anxiety dan Asam Lambung

282

GERD adalah kondisi naiknya kembali (refluks) asam lambung dari perut ke kerongkongan. Asam lambung yang terus-terusan naik seminggu dua kali bisa dicuragai sebagai GERD. Sedangkan anxiety adalah gangguan kecemasan yang terjadi intens selama berbulan-bulan dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini dapat terjadi tiba-tiba ketika penyakit ini sudah memasuki masa (akut) atau kronis.

Efek negatif Gerd pada kualitas hidup seseorang dapat meningkatkan risiko kecemasan dan depresi. Kondisi ini dapat memerangkap seseorang dalam lingkaran Gerd-anxiety yang sulit disudahi. Gejala GERD dan sakit maag memang hampir mirip, yaitu menyebabkan nyeri pada ulu hati, mual, dan muntah. Lalu adakah cara pengobatannya?

1. Perawatan medis

image: resplash

Untuk mengatasi Gerd-anxiety, dokter mungkin akan mengombinasikan jenis obat-obatan bagi gangguan pencernaan dan kecemasan. Jenis obat-obatan tersebut, antara lain : Antasida, H2 bloker, Penghambat pompa proton, Obat-obatan selective serotonin reuptake inhibitor (SSRI), Benzodiazepin, Obat-obatan serotonin-norepinefrin reuptake inhibitor (SNRI). Dokter mungkin juga akan menganjurkan Anda untuk mengikuti psikoterapi untuk mengobati kondisi ini, misalnya lewat terapi perilaku kognitif.

2. Perawatan mandiri

image: pexels

Perawatan mandiri bagi penderita Gerd-anxiety meliputi gaya hidup sehat, menjaga kebiasaan makan, dan menenangkan pikiran, seperti: Konsumsi makanan sehat, Hindari jenis makanan yang dapat memicu refluks asam lambung dan heartburn, Rutin berolahraga meskipun hanya melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki, Menghindari kafein dan alkohol, Latihan relaksasi. Gangguan refluks asam lambung pada Gerd-anxiety perlu dikonsultasikan pada dokter karena memiliki risiko terjadinya komplikasi. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami sesak napas dan/atau nyeri dada yang menjalar hingga ke rahang dan lengan.

Scarflovers pastinya Anda sudah mengetahui permasalahan tentang perbedaan gerd anixety dan asam lambung. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda. (DT)