Tips Alami untuk Memperkuat Daya Ingat

Pasti sering kali Anda merasa kesal saat lupa untuk mengingat suatu hal yang penting, terutama saat Anda tidak memiliki catatan lain untuk mengingatnya. Hal tersebut tentunya akan sangat membuat frustasi.

Semakin bertambahnya usia, tentu ingatan seseorang akan dengan bisa berubah. Bisa jadi karena adanya keturunan dari orang tua yang membuatnya demikian. Masalah ingatan sebenarnya bisa menjadi serius bila tidak diatasi dengan benar.

Akan tetapi jangan khawatir, karena dengan melakukan pola hidup yang baik, ingatan Anda akan jauh lebih baik.

Berikut ini ada beberapa tips alami untuk memperkuat daya ingat seperti yang terlansir di laman healthline.

1. Kurangi konsumsi gula

dok.freepik

Terlalu banyak mengonsumsi gula memang akan memberikan dampak buruk pada tubuh. Sebuah penelitian juga telah menyebutkan bahwa terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menyebabkan penurunan memori pada otak. Terutama bagian otak yang menyimpan memori jangka pendek.

Baca juga  15 Brand Lipstik Lokal Untuk Perempuan Indonesia

2. Konsumsi suplemen minyak ikan

image: freepik.com

Minyak ikan memiliki kandungan asam lemak DHA dan EPA yang cukup tinggi. Kedua jenis lemak ini sudah terbukti sejak lama ampuh untuk meningkatkan kinerja otak terutama daya ingat, khususnya pada orang tua. Baik DHA dan EPA sangat penting untuk kesehatan dan fungsi otak dan juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang telah dikaitkan dengan penurunan kognitif.

3. Meditasi

image: freepik

Luangkan sedikit waktu Anda untuk melakukan meditasi. Meditasi diketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena dapat membuat tubuh menjadi tenang, mengurangi rasa sakit dan pikiran yang stres. Teknik meditasi dan relaksasi telah terbukti meningkatkan ingatan jangka pendek pada orang-orang dari segala usia, dari orang-orang berusia 20-an hingga orang tua.

Baca juga  Tren Desain Interior Rumah 2021

4. Tidur yang cukup

image: freepik

Kualitas tidur yang buruk ternyata mempengaruhi kualitas otak dalam mengingat memori lho, Scarf Lover. Tidur membantu mengkonsolidasikan ingatan. Jadi, cukupkan waktu tidur di malam hari selama 7-8 jam ya, Scarf Lover.

5. Rutin melatih otak

image: pixabay

Melatih keterampilan kognitif Anda dengan bermain permainan otak adalah cara yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan daya ingat. Adapun permainan yang bisa dilakukan adalah bermain teka-teki silang dan rubik. Karena jika kita sering berlatih tentu akan meningkatkan kualitas memori Anda.

(AA)

Translate »