Tips Ajari Anak Menggosok Gigi

Kegiatan menggosok gigi harus dimulai sedini mungkin. Hal itu yang membuat para orang tua harus selalu memberikan edukasi terhadap pentingnya menggosok gigi. Apabila tidak dibiasakan sejak kecil, tentu akan membuat giginya bermasalah di kemudian hari.

Namun tetap saja, kerap kali masih banyak anak yang malas untuk menggosok gigi. Tapi Scarf Lover tidak boleh menyerah, terus edukasi anak tentang akibat dari malasnya menggosok gigi. Anda juga harus membuatnya nyaman hingga mau untuk melakukannya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengajari anak gosok gigi yang bisa Anda lakukan.

image: pexels

1. Edukasi Anak Pentingnya Gosok Gigi Setiap Hari

Pertama, mulai dari edukasi terlebih dahulu. Beritahu anak pentingnya menggosok gigi setiap hari, dari mulai bangun tidur sampai nanti sebelum tidur. Jangan lupa untuk memberitahu akibatnya jika malas gosok gigi karena akan membuat gigi menjadi sakit dan berlubang. Edukasi secara perlahan dengan Bahasa yang mudah dimengerti sang anak.

Baca juga  Penyebab Banjir Bandang di Kawasan Gunung Mas Puncak Bogor

2. Ajak Si Kecil Gosok Gigi Bersama

Tidak hanya mengedukasi, namun ajak anak Anda untuk menggosok gigi bersama. Misalnya, sebelum tidur ajak anak untuk ke menyikat gigi bersama. Lakukan di depan kaca sehingga Anda bisa sekaligus memperlihatkan bagaimana cara menyikat gigi yang benar.

3. Berikan Peralatan Gosok Giginya Sendiri

Anak kecil suka warna-warni. Berikan ia peralatan gosok giginya sendiri. Jangan lupa untuk memilih yang khusus anak-anak ya, Scarf Lover. Biarkan si anak yang memilih motif serta produknya sendiri, agar ia jadi jauh lebih semangat saat akan menggosok gigi.

Baca juga  Cara Atasi Baby Blues Setelah Melahirkan

4. Ajari untuk Selalu Konsisten Menggosok Gigi

Selalu ajarkan untuk konsisten dan disiplin setiap hari. Saat di pagi dan malam hari, ingatkan si anak untuk menggosok gigi terlebih dahulu. Jangan malas untuk selalu mengingatkan si anak. Karena terkadang bisa saja si anak menunggu Anda agar bisa melakukannya bersama.

5. Jangan Terlalu Monoton

Tips agar suasana lebih menyenangkan, Scarf Lover juga bisa memutarkan lagu-lagu anak yang ceria. Tujuannya, agar kegiatan menggosok gigi menjadi lebih seru dan si anak lebih merasa nyaman.

(AA)

Translate »