Ternyata Ini Alasan Jerawat Muncul di Tempat yang Sama

Jerawat memang menjadi hal wajar yang dimiliki setiap orang karena terdapat hormon yang menumbuhkan jerawat. Namun apakah Anda pernah memiliki jerawat yang selalu muncul ditempat yang sama? Jika Anda pernah mengalami yang seperti itu, mungkin beberapa penyebab dibawah ini yang menjadikan jerawat Anda selalu muncul ditempat yang sama.

image: pixabay

Proses Infeksi Belum Tuntas

Infeksi bakteri merupakan penyebab timbulnya jerawat. tingkat keparahan pada jerawat yang terinfeksi tidak tergantung pada jumlah bakteri di permukaan kulit, namun tergantung pada jumlah dan aktivitas bakteri yang didasarkan pada kadar oksigen, nutrisi, dan tingkat pH kulit. Jika Anda memiliki jerawat ditempat yang sama, mungkin tempat tersebut proses infeksi bakterinya belum tuntas. Anda bisa melakukan perawatan pada wajah seperti eksfoliasi untuk mengangkat sel kulit mati.

Baca juga  Cara Membersihkan Wajah Sesuai Jenis Kulit

Memencet Jerawat

Selain infeksi bakteri yang merupakan penyebab jerawat, memencet jerawat juga menjadi salah satu infeksi bakteri. Memencet jerawat akan memicu terjadinya kerusakan kelenjar minyak. Hal ini yang dapat memicu jerawat muncul kembali di tempat yang sama. Selain itu, memegang jerawat dan memencetnya dapat menyebarkan bakteri ke lokasi yang berdekatan dan bisa menyebarkan jerawat ditempat yang baru.

Kelenjar Minyak Lebih Aktif Dibanding Area yang Lain

Untuk Anda yang sering memiliki jerawat ditempat yang sama, mungkin penyebabnya adalah kelenjar minyak di area tersebut lebih aktif daripada area yang lainnya. Area T-zone biasanya memiliki lebih banyak kelenjar minyak. Tak jarang pada area tersebut lebih sering timbul jerawat dibanding area yang lain.

Baca juga  Kota - kota Di Amerika Yang Ramah Muslim

Menyentuh Wajah dengan Tangan

Selain memencet jerawat, penyebab timbulnya jerawat di tempat yang sama adalah karena menyentuh wajah dengan tangan. Meski telah mencuci tangan dengan bersih, sebenarnya masih banyak bakteri yang bisa mengakibatkan peradangan dan infeksi pada kulit. Menyentuh wajah dengan tangan akan memindahkan bakteri yang berada ditangan pindah ke wajah. Bakteri tersebut yang dapat menyebabkan jerawat muncul ditempat yang sama.

(HV)

Translate »