Pentingnya Aktivitas Fisik untuk Anak

Sejak dini, anak-anak harus dibiasakan untuk bergerak melakukan banyak aktivitas fisik. Namun perlu diingat bahwa kegiatannya pun tidak perlu yang terlalu berat. Mulai dengan hal-hal kecil, seperti melakukan pekerjaan rumah, bermain, olahraga, menaiki transportasi umum, dan sebagainya.

Aktivitas fisik sederhana ini tentunya sangat berguna untuk anak-anak dalam meningkatkan kebugaran pernapasan dan juga otot kardo, kesehatan tulang dan biomarker kesehatan kardiovaskular dan metabolic.

Mengutip laman WHO, pada anak-anak sampai remaja yang berada di usia 5-17 tahun, secara rutin harus melakukan aktivitas fisik setidaknya 60 menit dalam sehari. Apabila dilakukan lebih dari 60 menit, maka akan memberikan manfaat tambahan yang lebih besar lagi.

Baca juga  Tips Mengajarkan Anak Membaca Alquran
image: unsplash

Aktivitas dengan intensitas yang kuat harus digabungkan, termasuk aktivitas yang berujuan untuk memperkuat otot dan juga tulang. Biasakan anak-anak untuk bisa selalu melakukan aktivitas fisik ya, Scarf Lover. Terutama pada usia belia tentu masih dalam pembentukan tulang.

Aktivitas untuk mengisi tulang bisa dilakukan dengan cara bermain game, berlari hingga melompat. Intinya, segala bentuk kegiatan yang memerlukan kekuatan fisik.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah, para orang tua juga harus selalu memperhatikan kondisi tubuh si anak. Jangan terlalu memaksa, terutama apabila memang kondisinya tidak memungkinkan.

Selain itu, bagi anak yang memang belum terbiasa untuk melakukan aktivitas fisik, bombing secara perlahan. Ajari aktivitas fisik mulai dari hal-hal kecil, dan naikkan tahapnya perlahan dengan meningkatkan durasi, frekuensi dan intensitas dari waktu ke waktu.

Baca juga  Resep Tetap Stylish Dalam Modest Fashion

Saat si anak sudah dibiasakan melakukan aktivitas secara rutin, pada waktu beranjak remaja nanti, tentu akan mendapatkan manfaat lebih, diantaranya:

  1. Mengembangkan jaringan musculoskeletal (tukang, otot dan persendian) yang lebih sehat
  2. Mengembangkan sistem kardiovaskular (jantung dan paru-paru) yang lebih sehat
  3. Mengembangkan neuromuskuler, yakni koordinasi dan control gerakan
  4. Menjaga bobor berat badan

Selain menjaga kesehatan tubu, rutin melakukan aktivitas fisik juga sangat berpengaruh terhadap kesehatan psikologis lho, Scarf Lover, yakni mengurangi gejala depresi dan kecemasan. (AA)

Translate »