Panjatkan Doa Ini Ketika Sujud

Solat merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh umat Islam selama lima waktu. Soolat adalah salah satu cara kita untuk bisa berkomunikasi dengan Allah SWT. Untuk itu lah, hendaknya kita selalu dalam keadaan khusyuk ketika sedang solat.

Terutama saat sujud, kita disarankan untuk memanjatkan doa apapun di kala sujud. Karena Rasulullah SAW pun pernah berkata bahwa sujud adalah sebuah keadaan dimana posisi hamba akan lebih dekat dengan Allah SWT

أَقْرَبُ مَا يَكُونُ الْعَبْدُ مِنْ رَبِّهِ وَهُوَ سَاجِدٌ فَأَكْثِرُوا الدُّعَاءَ

“Yang paling dekat antara seorang hamba dengan Rabbnya adalah ketika ia sujud, maka perbanyaklah doa ketika itu.” (HR Muslim No. 1111, dari Abu Hurairah).

Adapun hadist lain yang memperjelas tentang memanjatkan doa saat sujud

وَعَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – ، قَالَ :(( فَأمَّا الرُّكُوعُ فَعَظِّمُوا فِيهِ الرَّبَّ – عَزَّ وَجَلَّ – ، وَأمَّا السُّجُودُ فَاجْتَهِدُوا فِي الدُّعَاءِ ، فَقَمِنٌ أَنْ يُسْتَجَابَ لَكُمْ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ .

Baca juga  Rekomendasi Cushion SPF untuk Kulit Berminyak

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Adapun ketika rukuk, maka agungkanlah Allah. Sedangkan ketika sujud, maka bersungguh-sungguhlah dalam berdoa, maka doa tersebut pasti dikabulkan untuk kalian.” (HR. Muslim) [HR. Muslim, no. 479]

Melansir rumaysho.com, ada dua macam kedekatan Allah SWT, diantaranya yang pertama ada kedekatan Allah yang umum dengan ilmu-Nya, dimana kedekatan ini berlaku pada setiap makhluk. Kemudian yang kedua adalah kedekatan yang khusus pada hamba-Nya, dimana pada saat itu dirinya meminta dan memohon sambl berdoa pada Allah, Allah akan mengijabahi (mengabulkan) doanya, menolongnya dan memberi taufik padanya.

Scarf Lover bisa berdoa apapun ketika sujud, curahkan apa yang ada di pikiran, sampaikan pada Sang Pencipta, karena niscaya Allah SWT mendengar segala doa hamba-Nya.

Baca juga  Apa Penyebab Penyakit Moluskum Kontagiosum

Berikut ini ada beberapa doa yang bisa dipanjatkan ketika sujud.

Meminta pada Allah SWT agar diberikan kesempatan untuk melakukan taubat sebelum wafat

Allahummarzuqni taubatan nasuha qoblal maut

Artinya: “Ya Allah berilah aku rezeki taubat nasuha (atau sebenar-benarnya taubat) sebelum wafat”

Meminta agar diwafatkan dalam keadan Khusnul Khotimah

Allahumma inni as’aluka husnal khotimah

Artinya: “Ya Allah aku meminta kepada-MU husnul khotimah”

Meminta agar hati selalu dimantapkan agama-Nya

Allahumma yaa muqollibal quluub tsabbit qolbi ‘ala diinika

Artinya: “Ya Allah wahai sang pembolak balik hati, tetapkanlah hatiku pada agama-MU”

Banyak orang menyarankan untuk berdoa lebih lama pada saat sujud terakhir. Namun para ulama mengatakan bahwa hal tersebut sebenarnya sunnah untuk dilakukan, dalam artian kita bisa berdoa di waktu sujud apapun, tidak harus pada sujud rakaat terakhir.

(AA)

Translate »