Mengapa Kita Perlu Menangis?

Menangis bisa menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan ketika memiliki banyak masalah. Karena terkadang, dengan menangis perasaan kita akan menjadi lebih lega. Selain itu, menangis juga dapat melepaskan zat oksitosin dan endorfin dalam tubuh yang membuat orang merasa baik serta meringankan rasa sakit fisik dan emosional.

Selain manfaat di atas, ternyata menangis memiliki banyak manfaat lain, loh, Scarf Lover. Dilansir dari Medical News Today, berikut manfaat yang dapat dirasakan ketika Anda menangis.

Baca juga  Resep Chewy Chocolate Cookies yang Sehat

1. Memiliki Efek Menenangkan

sumber: hijabcasual.com

Pada sebuah studi tahun 2014, menangis memiliki efek langsung yang menenangkan diri. Karena pada saat menangis saraf parasimpatis menjadi aktif yang membantu orang menjadi rileks.

2. Mendapat Dukungan Orang Lain

image: pexels

Di sebuah studi tahun 2016, menangis merupakan perilaku keterikatan. Hal tersebut akan membantu mendapat dukungan dari orang-orang di sekitarnya.

3. Meningkatkan Mood

image: pexels

Selain meredakan nyeri, oksitosin dan endorfin dapat membantu mengangkat semangat dan membuat perasaan menjadi lebih baik.

Baca juga  Nagita Slavina: “Sebisa mungkin aku gak mau maksa Rafathar untuk syuting,”

4. Mengurangi Stres

image: pexels

Saat menangis, air mata mengandung sejumlah bahan kimia sehingga mengurangi kadar kimia dalam tubuh yang membantu mengurangi stres.

5. Membantu Tidur

image: pexels

Dengan efek menenangkan, meningkatkan mood, dan menghilangkan rasa sakit dari menangis di atas dapat membantu seseorang lebih mudah untuk tertidur.

6. Melawan Bakteri

image: pexels

Dalam air mata mengandung cairan lisozim yang dapat membantu membunuh bakteri dan menjaga kebersihan mata.

(AN)

Translate »