Mandi Air Dingin di Pagi Hari? Ini Manfaatnya

Mandi pagi dapat membantu meningkatkan sel darah putih (leukosit) yang berperan dalam melawan infeksi yang masuk ke dalam tubuh. Pada akhirnya, secara tidak langsung aktivitas mandi rutin di pagi hari menggunakan air dingin dapat meningkatkan imunitas (daya tahan tubuh).

Mandi air panas akan membuat rileks, menenangkan, dan menghilangkan stress. Tidak ada yang lebih baik daripada mandi air hangat di penghujung hari yang melelahkan. Namun, mandi air dingin pun tak kalah menyehatkan. Berikut beberapa manfaat mandi air dingin.

Baca juga  4 Strategi Efektif untuk Menurunkan Berat Badan Saat Bersepeda
image: hijab-style.com

1. Membuat tubuh lebih berenergi

Jika secangkir kopi tak dapat membuat Anda bersemangat di pagi hari, cobalah mandi air dingin. Norepinefrin adalah neurotransmitter yang meningkatkan energi, mengaktifkan otak, membuat Anda waspada, dan meningkatkan kekuatan fokus Anda.

2. Meningkatkan mood

Selain meningkatkan energi dan meningkatkan kewaspadaan, neurotransmitter yang dilepaskan saat mandi air dingin juga memiliki efek positif pada suasana hati.

3. Meredakan sakit

Terapi air dingin terbukti dapat mengurangi rasa sakit dan peradangan. Ini juga mempersingkat waktu yang dibutuhkan tubuh untuk pulih setelah aktivitas fisik.

Baca juga  Studi Buktikan Jogging Bisa Bantu Jaga Kesehatan Reproduksi Perempuan

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Saat membutuhkan kekebalan tubuh yang lebih kuat, seperti di masa pandemi, mandi air dingin bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Itulah beberapa manfaat mandi air dingin di pagi hari, setelah mandi air dingin membuat tubuh Anda bersemangat di pagi hari loh. Semoga artikel ini menambah wawasan Anda Scarflover. (DT)

Translate »