Kucing Penghuni Hagia Sophia Tutup Usia

Namanya Gli, ia merupakan seekor kucing yang menghuni Hagia Sophia. Bagi Scarf Lover yang pernah mengunjungi tempat ini, pasti pernah berpapasan dengan Gli. Melansir dari berbagai sumber, Gli meninggal di usia 16 tahun karena sakit pada bulan September.

Mengutip dari laman middleeasteye.net, Ali Yerlikaya sebagai Gubernur Istanbul megumumkannya di media sosial Twitter.

 

“Maaf kehilangan Gli. Kucing Hagia Sophia Gli yang dirawat di klinik hewan swasta di Levent sejak 24 September sayangnya meninggal dunia karena usia tua. Kami tidak akan pernah melupakanmu, Gli,” kata Yerlikaya.

Baca juga  Suka Pakai Atasan Oversize? Yuk Lihat Referensi Mix and Matchnya!

Bukan nama yang biasa, Gli memiliki arti yang sangat dalam, yakni “persatuan cinta” dalam Bahasa Turki.

image: instagram.com/hagiasophiacat/

Gli juga terkenal karena sebelumnya pernah bertemu dengan Barack Obama saat masih menjabat menjadi Presiden Amerika Serikat pada tahun 2009. Saat itu, Obama juga sempat membelai Gli

Haghia Sophia merupakan sebuah bangunan yang dulunya merupakan sebuah museum, namun akhirnya Presiden Turki memutuskan untuk mengubah Hagia Sophia menjadi sebuah masjid. Banyak wisatawan yang sering mengunjungi tempat ini untuk melihat keindahannya. Tak lupa mereka juga ingin bertemu si kucing bermata indah ini.

Baca juga  Mengenal Sosok Bunda Winarni Wanita Inspiratif Indonesia

Pada saat Hagia Sophia akan dipugar, banyak orang yang khawatir dengan tempat tinggal Gli. Namun pejabat setempat memastikan bahwa tempat tinggal Gli aman dan ia tetap boleh menempatinya.

Melihat banyaknya penggemar Gli, sampai-sampai ada seorang pemandu wisata bernama Umut Bahceci yang secara khusus membuatkan Gli akun Instagram yang hingga saat ini telah mendapatkan ratusan ribu pengikut.

Berdasarkan info yang didapat, kini Gli dimakamkan di halaman masjid. (AA)

Translate »