Kenapa Kaki Bengkak Saat Hamil?

Pada masa kehamilan, tentunya tubuh akan beradaptasi dengan perubahannya. Tak hanya ukuran perut yang semakin membesar, namun terkadang bentuk kaki pun demikian, ikut membesar dan terlihat bengkak.

Tentunya hal ini adalah hal yang normal ya, Scarf Lover. Akan tetapi mungkin hanya bentuk ukuran yang tidak bisa disamakan dengan ibu hamil lainnya.

Namun, sebenarnya apa ya yang menyebabkan kaki menjadi bengkak selama masa kehamilan?

image: usplash

Mengutip laman pampers.com, saat rahim mulai tumbuh, ia dapat memberikan tekanan ekstra pada pembuluh darah yang membawa darah dari bagian bawah tubuh Anda kembali ke jantung Anda. Ini menyebabkan retensi cairan dan akhirnya dapat menyebabkan kaki, pergelangan kaki Anda menjadi bengkak selama hamil. Pada istilah medis biasa disebut edema.

Baca juga  Fungsi Face Oil dan Cara Penggunaannya

Adapun hal lain yang menyebabkan kaki menjadi terlihat tambah bengkak, yakni dengan adanya hormon relaxin, dimana hormon ini berfungsi untuk melonggarkan sendi panggul saat persalinan. Membuat ligemen kaki menjadi kendur sehingga akhirnya tulang kaki menyebar.

Semakin bertambahnya berat badan Anda, tentunya akan pembengkakan kaki semakin terlihat, Scarf Lover.

Bagaimana cara mengurangi pembengkakannya?

1. Kurangi Beban

Hindari berdiri yang terlalu lama karena akan membuat kaki mendapatkan beban untuk menahan tubuh

2. Batasi Kafein

Meskipun mengonsumsi kafein selama hamil diperbolehkan, namun kafein bisa menyebabkan retensi cairan yang menyebabkan kaki bengkak. Jadi lebih baik kurangi ya.

Baca juga  Ciri-ciri Orangtua yang Dapat Membahayakan Kesehatan Mental Anak

3. Jaga Tubuh Selalu Terhidrasi

Tingkatkan selalu konsumsi air minum secara rutin.

4. Tingkatkan Konsumsi Protein

Karena apabila Scarf Lover kekurangan protein selama hamil akan meningkatkan retensi cairan.

5. Gunakan Pakaian yang Longgar dan Nyaman

Karena pakaian yang ketat dapat membuat sirkulasi darah di tubuh menjadi terhambat dan juga meningkatkan retensi cairan.

6. Rendam Kaki

Terutama di air hangat karena dapat menenangkan otot-otot yang pegal. Jangan lupa juga untuk mengompres bagian yang bengkak.

7. Kurangi Menyilangkan Kaki

8. Miringkan Tubuh Saat istirahat

Karena akan menghilangkan tekanan dari pembuluh darah yang memindahkan darah dari tubuh bagian bawah kembali ke jantung Anda.

(AA)

Translate »