Kemenparekraf Luncurkan Buku Proyek Desain, Dukung Desainer Muda

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi sekaligus memunculkan regenerasi desainer andal di Tanah Air, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi kreatif meluncurkan sebuah buku yang berjudul “Proyek Desain: Dasar Pengadaan & Pengelolaan Jasa Desain di Indonesia”.

Wawan Rusiawan selaku Direktur Kajian Strategis Kemenparekraf/Baparekraf berharap agar buku ini nantinya akan memberikan manfaat untuk para anak muda yang sedang belajar mengenai desain dan juga megajak anak muda untuk terus berani berkarya. Buku yang telah disusun hamper dua tahun ini telah melibatkan enam asosiasi, yakni:

  1. ADGI (Asosiasi Desainer Grafis Indonesia)
  2. AIDIA (Asosiasi Profesional Desain Komunikasi Visual Indonesia)
  3. ADPII (Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia)
  4. HDII (Himpunan Desainer Interior Indonesia)
  5. HDMI (Himpunan Desainer Mebel Indonesia)
  6. IFC (Indonesia Fashion Chamber)
Baca juga  Bagaimana Cara Tenaga Kesehatan Menjaga Kesehatan Diri?

Selain itu, Wawan juga menjelaskan bahwa desain merupakan salah satu bidang ekonomi kreatif yang pertumbuhannya selalu meningkat setiap tahunnya. Melihat hal ini, Kemenparekraf sangat mendukung adanya asosiasi desain untuk terus menggali potensi yang ada. Menurutnya pula, para desainer harus mendapatkan apresiasi yang lebih karena dengan adanya mereka, sangat enting untuk meningkatkan daya saing ekonomi kreatif.

“Kami berharap (buku) ini bisa menjadi rujukan dan pedoman bagi semua pemangku kepentingan terkait. Bahkan kedua buku berikutnya yaitu Standar Harga Jasa Desain dan Standar Remunerasi Desainer yang rencananya akan dirilis  tahun depan diharapkan dapat memperkuat landasan pengembangan ekosistem desain Indonesia. Muara akhirnya tentu saja bidang desain dapat meningkatkan kontribusinya bagi Nilai Tambah Bruto/Produk Domestik Bruto Ekonomi Kreatif Indonesia,” kata Wawan.

Baca juga  Ramai Diperbicangkan, Candi Borobudur Ditetapkan sebagai Destinasi Ramah Lingkungan

Buku proyek desain sendiri merupakan buku pertama dari tiga seri buku yang tengah disusun dan diterbitkan oleh Kemenparekraf/Baparekraf yang secara keseluruhan akan berisi sembilan bab pembahasan. Tiga diantaranya merupakan bahasan utama yakni, tentang pemahaman desain, proyek desain, dan asosiasi desain di Indonesia.

Selain itu, ada pula pembahasan mengenai proyek desain, pembiayaan, bagaimana memilih desainer yang tepat sampai pembahasan mengenai etika profesi desainer di Indonesia.

(AA)

Translate »