Ini Alasan Tidak Boleh Mengobrol Saat Wudu Menurut Ustadz Hanan Attaki

Sebelum menunaikan solat atau ibadah-ibadah lainnya, kita diwajibkan berwudu untuk menyucikan diri. Sama dengan halnya ibadah yang harus khusyuk, berwudu pun juga demikian. Akan lebih baik untuk kita fokus agar tidak ada bagian yang terlewat.

Karena seperti yang kita tahu, wudu merupakan awalan ibadah. Apabila wudunya tidak sah atau tidak sempurna. Dikhawatirkan ibadah yang akan dilakukan setelahnya pun juga tidak sempurna. Pastinya kita semua menginginkan ibadah kita diterima oleh Allah SWT bukan?

Menurut Ustadz Hanan Attaki dalam salah satu video di Youtube channelnya, menjelaskan mengenai hal ini.

Baca juga  6 Ideas Gym Outfit For Hijab

Dirinya mengatakan bahwa jangan samakan mengobrol dengan berbicara. Karena kedua hal tersebut memiliki arti yang berbeda.

“Ngobrol sama bicara ibu beda. Kalo ngobrol gak boleh, karena berarti udah mengganti aktivitas dari berwudu jadi mengobrol,” ujarnya.

Ustadz Hanan Attaki menjelaskan bahwa berwudhu juga merupakan salah satu ibadah yang sebaiknya dilakukan dengan benar.

“Berwudu itu merupakan sebuah rangkaian ibadah, cuma dia bukan ibadah yang seperti solat yang gak boleh keputus oleh kalimat lain. Kalau solat, keputus ya ulangi. Kalau wudu, keputus gak masalah, cuma jangan sampai berganti aktivitas,” tambahnya.

Baca juga  Kerudung bahan Voal favorit Hijabers, bagaimana cara merawatnya ?

Misalnya, saat kita sedang berwudu, lalu ada orang bertanya, “toilet dimana?” kita bisa menjawabnya sambil kita tetap melanjutkan wudu.

Seperti yang disampaikan pula oleh Ustadz Hanan Attaki bahwa berbicara saat wudu itu hukumnya makruh sesuai dengan kesepakatan ulama. Mengapa dianggap makruh? Karena ada suatu keadaan mendesak yang mengharuskan kita harus menjawab.

(AA)

Translate »